Sukses

Tutup Pekan Ini, Harga Emas Akhirnya Berbalik Naik

Menutup perdagangan pekan ini, harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berbalik naik dari level terendah 34 bulan.

Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berbalik naik (rebound) dari level terendah 34 bulan, meski secara kuartalan masih mengalami penurunan yang paling tajam.

Seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (29/6/2013), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus naik US$ 12,1 menjadi US$ 1.223,7 per ounce. Angka itu masih meninggalkan emas dengan kerugian lebih dari 23% sepanjang kuartal II 2013, yang merupakan penurunan kuartalan paling sejak awal perdagangan emas Comex pada 1975.

Harga emas rebound merespons tanda-tanda kenaikan permintaan untuk perhiasan, koin dan batangan, setelah harganya turun drastis pada perdagangan hari sebelumnya.

Namun analis mengatakan, permintaan emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi sebenarnya telah memudar menyusul sinyal dari Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) untuk menghentikan program stimulus moneter.

Faktor pendorong tradisional permintaan emas telah melemah atau terbalik dalam beberapa bulan terakhir. Status emas sebagai save haven telah dirusak oleh terus melemahnya harga logam mulia dan volatilitas di pasar aynag mencerminkan keyakinan baru terhadap dolar AS. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas