Sukses

Cari Elpiji Harga Normal, Coba Beli di SPBU Terdekat

Pertamina menegaskan tak ada rencana menaikkan harga jual elpiji dalam waktu dekat ini.

Meski pemerintah dan PT Pertamina (Persero) belum berniat menyesuaikan harga gas elpiji ukuran 3 kilogram (kg) dan 12 kg, namun di beberapa daerah sudah terjadi kenaikan harga menjelang bulan puasa.

Pertamina sendiri masih mematok harga eceran tabung elpiji 12 kg sebesar Rp 70.200 dan Rp 15 ribu untuk ukuran 3 kg.
 
Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Ali Mundakir mengatakan, pihaknya telah mengoptimalkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan bekerja sama dengan ritel modern sebagai outlet penjualan elpiji dengan harga normal.

"Kami mengimbau masyarakat kalau mau beli tabung elpiji dengan harga normal bisa lewat SPBU-SPBU terdekat serta ritel modern, seperti Alfamart dan Indomart," imbuhnya di Jakarta, seperti ditulis Minggu (30/6/2013).

Dia menerangkan, sampai dengan saat ini, pihaknya belum berencana menaikkan harga gas elpiji 12 kg karena tak ada restu dari pemerintah.

"Walaupun itu (menaikkan harga) adalah hak Pertamina, tapi kami masih menghormati pemerintah," ucapnya.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang minyak dan gas (Migas) ini, sambung Ali, bakal memperkuat sektor hulu minyak sebagai ladang pendapatan. Hal ini dilakukan untuk menambal kerugian yang selalu ditanggung Pertamina sebesar Rp 5 triliun setiap tahun.

"Makanya blok minyak yang masih potensial, seperti blok Mahakam diberikanlah untuk Pertamina supaya menggantikan sektor hilir," pungkas dia.

Sebagai informasi, harga tabung gas elpiji ukuran 3 kg di beberapa daerah sudah merangkak naik, seperti di Depok, Mamuju Sulawesi Barat dan daerah lain dari Rp 15 ribu per tabung menjadi sekitar Rp 16 ribu-Rp 17 ribu. Sedangkan gas elpiji 12 kg naik menjadi sekitar Rp 80 ribu-Rp 90 ribu per tabung.(Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.