Sukses

BRI Siap Bersaing Rebut Bank Mutiara di 2014

BRI mengaku tak berminat menjadi peserta lelang Bank Mutiara yang tengah digelar LPS. Namun pada 2014, BRI mengaku siap bersaing merebutnya.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mengungkapkan ketertarikannya membeli PT Bank Mutiara Tbk dengan syarat menggunakan harga jual pasar. Untuk tahun ini, bank pelat merah ini mengaku tak berniat ikut tender penjualan dari bank yang semula bernama PT Bank Century itu.

Sebagai informasi, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) tahun ini kembali menggelar lelang penjualan PT Bank Mutiara Tbk. Sesuai ketentuan yang berlaku, LPS hanya diperkenankan menjual Bank Mutiara di harga sekitar Rp 6,7 triliun.

"Kami masih belum berminat untuk membeli Bank Mutiara pada tahun ini, dan juga belum mengarah akuisisi bank tersebut," ujar Direktur Utama BRI Sofyan Basir ketika ditemui dalam acara Business Executive Gathering 2013 Kementerian BUMN di Jakarta, Senin (1/7/2013)..

Sofyan mengatakan, kemungkinan BRI mengakuisi Bank Mutiara bisa terjadi jika bank yang pernah tersangkut kasus Century tersebut belum laku terjual pada awal 2014. "Mungkin kami tertarik untuk membeli bank tersebut," ungkapnya.

Bahkan, peminat Bank Century pada tahun depan kemungkinan bakal membludak mengingat target dana penjualan tak lagi mensyaratkan batas minimal Rp 6,7 triliun.

Seperti diketahui, Ketua Dewan Komisioner LPS Heru Budiargo mengatakan, Bank Mutiara kemungkinan akan dilepas di bawah kisaran harga Rp 6,7 triliun jika rencana penjualan tahun ini tak kunjung menemukan pemenang. Penjualan di bawah harga patokan itu bisa dilakukan mulai 2014.

"Jika harga itu tak kunjung laku, maka kami sebagai pemegang penuh saham Bank Mutiara akan dijual dengan harga di bawah Rp 6,7 triliun di 2014 nanti," ujarnya. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bank Rakyat Indonesia adalah salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia.

    BRI