Sukses

Daging Ayam Malaysia Makin Banyak Masuk ke Indonesia

Selain sebagai negara tetangga dan serumpun, Malaysia termasuk negara pemasok bahan pokok impor bagi Indonesia.

Selain sebagai negara tetangga dan serumpun, Malaysia termasuk negara pemasok bahan pokok impor bagi Indonesia.

Tak disangka, bahan pokok yang dikirim Malaysia tersebut adalah daging ayam. Produk yang sebenarnya banyak diproduksi para peternak nasional.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan pada Mei 2013, Malaysia mengimpor daging ayam ke Indonesia senilai US$ 30,26 ribu dengan volume sebesar 10,8 ribu ton.

Padahal, sejak Januari, Februari, Maret dan April, Indonesia tercatat tidak mengimpor daging ayam sama sekali dari negara manapun. Realisasi impor baru terjadi pada Mei 2013.

Selain Malaysia, Belgia tercatat menjadi negara pengimpor ayam ke Indonesia. Namun data BPS menunjukan periode Januari sampai Mei 2013, negara ini tak terlihat memasukkan daging ayamnya ke dalam negeri.

Ketua Umum Himpuli Ade M Zulkarnain, baru-baru ini kepada Liputan6.com mengatakan, Indonesia sebenarnya bisa melakukan swasembada daging ayam asal ada dukungan pemerintah.

Total pasar daging ayam dan unggas per tahun mencapai Rp 80 triliun. Ini dikontribusi dari daging ayam ras, unggas dan ayam kampung. (Nur)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini