Sukses

Sambut Tahun Ajaran Baru, Penjualan Emas Antam Turun

PT Aneka Tambang Tbk mencatat adanya penurunan penjualan emas menyambut tahun ajaran baru.

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) mencatat adanya penurunan penjualan emas menyambut tahun ajaran baru. Sepanjang Juni 2013, rata-rata volume penjualan logam mulia Antam secara harian turun 2 kilogram menjadi 28 kg per hari.

"Normalnya penjualan emas 30 kg-31 kg per hari, tapi di bulan Juni turun jadi 28 kg karena menjelang tahun ajaran baru," ungkap Corporate Secretary Division Head Antam, Tri Hartono saat berbincang Liputan6.com, Rabu (3/7/2013).

Menurut dia, turunnya penjualan emas pada bulan Juni hingga Juli merupakan hal yang lumrah dan selalu terjadi setiap tahun.  Menjelang tahun ajaran baru, masyarakat cenderung menahan investasi emas dan mengalihkan uang untuk bayar anak sekolah. Bahkan banyak juga yang menjual emas yang dimiliknya.

"Secara animo sebenarnya masih cukup tinggi. Tapi ini paling sifatnya musiman," jelas Tri.

Dia meyakini  minat masyarakat terhadap logam mulia Antam masih cukup tinggi. Apalagi saat harga emas sedang turun seperti sekarang.
 
"Sebab masyarakat berasumsi waktu yang tepat untuk memborong emas adalah saat harga turun seperti ini," ungkapnya.

Tri sebelumnya memperkirakan penjualan emas perseroan bisa menembus 10 ribu kg atau setara 10 ton sepanjang tahun ini. Angka ini lebih tinggi 31% lebih tinggi dari target tahun ini sebesar 7,6 ton. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas

  • antam