Sukses

Daging Ayam Langka, Harga Melonjak ke 45 Ribu/Ekor

Dari sebelumnya harga daging ayam sekitar Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu kini sudah naik menjadi Rp 45 ribu per ekor.

Tak hanya daging sapi, harga daging ayam ikut-ikutan melambung di pasaran. Jika sebelumnya harga daging ayam hanya Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu kini sudah naik menjadi Rp 45 ribu per ekor.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Ngadiran mengaku kondisi harga daging ayam ini serupa dengan yang terjadi pada daging sapi.

Tingginya harga selain karena dampak penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, pengaruh terbesar akibat minimnya pasokan di pasaran.

"Daging sapi dan ayam sama kondisinya, pasokan sama sama kurang," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (3/7/2013).

Dia mengaku tak mengetahui penyebab pasti pasokan daging ayam berkurang. Padahal, selama ini pasokan daging ayam cukup saja untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat. Normalnya, menurut dia jika pasokan daging ayam cukup maka harga di pasaran sekitar 30 ribu per ekor.

Dia meminta pemerintah mengambil langkah nyata untuk menstabilkan harga daging ayam maupun sapi agar tidak membebani masyarakat dan menurunkan pembelian pedagang.

Apalagi sesaat lagi memasuki masa Ramadan dan Lebaran, di mana konsumsi daging akan bertambah di masyarakat.

Sementara berdasarkan data harga Kementerian Perdagangan (Kemendag), dalam situs resminya, harga daging ayam sampai Selasa (2/7/2013) rata-rata sebesar Rp 29.676 per  ekor untuk ayam broiler dan Rp 53.303 per ekor untuk ayam kampung. (Nur)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini