Sukses

Mendag Duga Kelangkaan Daging Ayam Gara-gara Sapi

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menduga kelangkaan daging ayam di sejumlah pasar ada kaitannya dengan seretnya pasokan daging sapi.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menduga kelangkaan pasokan ayam di pasaran terjadi karena seretnya pasokan daging sapi yang sudah berlangsung dalam beberapa hari terakhir.

"Ini berkorelasi dengan harga daging sapi yang harganya mudah-mudahan akan turun dalam waktu dekat karena pasoknya mulai meningkat dari dalam dan luar negeri," ujar Gita usai melakukan kanjungan ke Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Rabu (3/7/2013).

Gita mengaku, dirinya sempat menerima keluhan dari sejumlah pedagang ayam yang mengeluhkan berkurangnya keuntungan serta keluhan soal bahan baku makanan ayam yang naik. "Kami sedang mencari tahu bagaimana solusinya, supaya harganya juga lebih bisa terkendali," lanjutnya.

Meski demikian, lanjutnya, pasokan kebutuhan bahan pokok termasuk ayam seharusnya aman dan tidak mengalami kekurangan. "Tapi sekali dengan ketersediaan yang cukup apalagi ditopang dengan ketersediaan daging sapi karena korelasi kedua produk itu (ayam dan daging) cukup tinggi," katanya.

Untuk daging sapi, pemerintah memastikan akan ada 15 ribu ekor sapi jenis bakalan sehingga menambah stok sebelumnya sebanyak 100 ribu ekor yang akan dipotong oleh pengusaha sapi. Selain itu, Perum Bulog juga berencana mendatangkan sekitar 1.500-3.000 ton daging sapi pada pekan ini yang diharapkan bisa membantu kebutuhan masyarakat di Jabodetabek. Kebutuhan daging pada Juli ini diperkirakan mencapai 10 ribu-20 ribu ton.

"Ini menjelang Ramadhan sehingga harga meningkat jadi mungkin produk-produk seperti daging sapi dan ayam akan kita sikapi karena seharusnya stoknya itu cukup, sehingga tidak ada alasan untuk menaikan harga," tandasnya.(Den/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini