Sukses

Bank DKI Jajah Bandung Incar Industri Kreatif

PT Bank DKI terus memperluas jaringan bisnisnya ke wilayah lain di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

PT Bank DKI terus memperluas jaringan bisnisnya ke wilayah lain di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Setelah sebelumnya telah membuka kantor cabang di Surabaya dan Solo, kini giliran Bandung yang menjadi wilayah incaran yang menjadi tujuan ekspansi Bank DKI adalah Kota Kembang, Bandung.

Selain dihadiri langsung jajaran Direksi Bank DKI, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T. Purnama turut menghadiri acara Grand Opening Kantor Bank DKI Cabang Bandung yang berlangsung, Rabu (3/7/2013) ini.

 “Selama ini kita mengenal Kota Bandung dengan segala potensinya di bidang industri kreatif, seperti usaha kuliner, fashion, kerajinan (craft), pendidikan, juga tujuan wisata alam maupun budaya. Semoga pembukaan kantor cabang ini dapat membangun sebuah sinergi yang saling menguntungkan antara Bank DKI dan pelaku industri kreatif di Bandung,” ujar Direktur Utama Bank DKI, Eko Budiwiyono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/7/2013).

Dia mengatakan langkah tersebut bertujuan mewujudkan cita-cita Bank DKI bertransformasi menjadi sebuah bank umum berskala nasional serta lebih memaksimalkan peran intermediasi ke masyarakat.

Dia mengungkapkan, perluasan bisnis Bank DKI di Bandung juga didasari keinginan kuat turut berperan dalam pengembangan ekonomi di Bandung dan Jawa Barat pada umumnya.

Besarnya potensi industri kreatif di Kota Bandung, menurut Eko, tak lepas dari kuatnya minat para wisatawan untuk berkunjung ke kota tersebut.

Pada tahun ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung dengan optimis memasang target kunjungan wisatawan hingga 8 juta orang sampai akhir tahun.

Tingginya target tersebut ditopang kehadiran 5 kampung kreatif di Kota Bandung, meliputi kawasan Dago Pojok, Leuwianyar, Cicadas, Tamansari, dan Cicukung.

“85% wisatawan yang berkunjung ke Bandung datang dari berbagai daerah di Indonesia. Ini masih ditambah dengan kunjungan wisatawan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Jerman, dan Belanda yang merupakan pengunjung setia Kota Bandung. Belum lagi jika menghitung penduduk Bandung sendiri yang tercatat sebagai kota keempat terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, dan Medan. Artinya, pasar Bandung memang benar-benar menjanjikan,” tutur Eko.

Untuk pembukaan cabang di Bandung, Bank DKI telah mengantongi izin dari Bank Indonesia (BI) selaku regulator industri perbankan nasional, sehingga telah diperkenankan untuk mulai beroperasi sejak 1 April 2013. (Nur)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.