Sukses

Bertemu Kevid Rudd, SBY Cari Peluang Investasi Sapi di Australia

Presiden SBY dan Perdana Menteri Australia dijadwalkan menggelar pertemuan pada Jumat (5 Juli 2013).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menggelar pertemuan dengan Perdana Manteri Australia, Kevin Rudd, Jumat 5 Juli 2013. Pertemuan kedua pemimpin negara tersebut akan membahas seputar masalah ekonomi antara kedua negara, tak terkecuali soal sapi.

"Banyak hal akan dibicarakan. Ada perdagangan dan investasi infrastruktur, peternakan untuk ciptakan food security, juga swasembada daging, dan impor sapi," jelas Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Menurut Marty, pembicaraan tentang sapi tidak hanya terbatas pada masalah impor sapi atau daging sapi. Indonesia rencananya berminat untuk menanam investasi di sektor peternakan.

"Selama ini Bapak Presiden selalu menekankan kalau bicara dagang harus didukung investasi, sehingga kapasitas peternakan Indonesia, terutama sapi, bisa ditingkatkan," ujarnya.

Marty menegaskan pertemuan kedua negara ini sangat strategis karena membahas kepentingan ekonomi di masing-masing negara. Namun, pertemuan kali ini juga biasa digelar karena sudah menjadi pertemuan tahunan kedua pemimpin. "Ini pertemuan rutin tahunan dan bergilir. Tapi jadi berbeda dengan yang direncanakan semula, sebab ada perubahan pucuk pemerintahan di Australia," papar Marty.

Seperti diketahui, Kevin Rudd baru dilantik pekan lalu menggantikan PM sebelumnya, Julia Gillard. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.