Sukses

Perusahaan BUMN akan Beli Peternakan Sapi Australia Rp 300 Miliar

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara akan membeli peternakan sapi di Australia pada tahun ini.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan membeli peternakan sapi di Australia pada tahun ini. Ini sebagai langkah memenuhi kebutuhan daging sapi di dalam negeri.

Proses pembelian peternakan itu, menurut Dahlan dalam tahap finaslisasi. Pengelolaan pertenakan tersebut akan dilakukan perusahaan BUMN.

"Iya jadi, pokoknya salah satu dari BUMN sedang finalisasi feasibility study, bisa sapa aja, mungkin Bulog tidak," ujar Dahlan di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian Jakarta, Kamis (4/7/2013).

Nilai investasi pembelian petenakan sapi tersebut, ungkap Dahlan, mencapai Rp 300 miliar. Peternakan perusahaan BUMN tersebut  diharapkan bisa mulai beroperasi pada tahun ini.

"Kira-kira tahun ini, tentu kita masih mendalami sisi hukumnya, misal pembelian aset seperti itu di sana seperti apa, harus hati-hati, kita lagi kontak Kedutaan Australia untuk mempelajari sistem hukum, kemudian sistem pengamanan aset," jelasnya.

Dahlan mengungkapkan semua perusahaan bisa ikut bisnis sapi di Australia kecuali Bulog. Pasalnya Bulog memiliki ditugaskan untuk fokus memenuhi kebutuhan beras Indonesia.

"Jadi cuma dari segi kemampuan, dia lebih baik konsentrasi beras dalam negeri, ini kan kemampuan mengadakan beras hebat kan baru tahun kedua, jangan baru tahun kedua sudah terganggu lagi, sustainability nanti terganggu," pungkasnya. (Pew/Nur/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini