Sukses

Air Asia Yakin Angkut 750 Ribu Penumpang di Musim Mudik 2013

Guna mempermudah proses pembelian tiket, Maskapai Air Asia menggandeng PT Bank Permata Tbk.

PT Indonesia AirAsia menargetkan mampu mengangkut sekitar 750 ribu penumpang pada Puasa dan arus mudik tahun ini. Dibandingkan setahun sebelumnya, target jumlah penumpang tersebut jauh lebih banyak dari semula 580 ribu orang.

"Kalau disaat bulan puasa dan sesudah hari lebaran, jumlah penumpangnya akan meningkat. Maka dari itu, kalau kami akan mengantisipasi terus jikalau ada terjadi lonjakan penumpang yang cukup signifikan," ujar Direktur Komersil PT Indonesia AirAsia Bernard Francis ketika ditemui di Jakarta, Kamis, (4/7/2013)..

Menurut Bernard, jumlah penumpang di saat musim Lebaran memang selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dari pengalaman perusahaan, kenaikan tersbeut bisa mencapai 30%-50%.

Guna mengantisipasi lonjakan penumpang, Air Asia mengaku telah mengantongi strategi khusus terutama dalam hal melayani kapasitas jumlah penumpang yang cukup besar.

Tak hanya itu, maskapai penerbangan murah asal Malaysia itu juga telah menggaet PT Bank Permata dalam memberikan alternatif pembayaran tiket penerbangan. Bank Permata rencananya akan menyediakan fasilitas pembayaran tiket melalui mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Tak hanya selama musim Mudik, layanan pembelian tiket lewqat ATM juga diberikan sepanjang masa untuk para penumpang Air Asia

"Penumpang kami bisa lebih mudah, pembayaran tiket maskapai dengan lewat ATM saja, bisa dari ATM Bersama," ujar Bernard.

Direktur Ritel Banking PermataBank Lauren Sulistiawati mengungkapkan, selain lewat ATM, penumpang Air Asia juga bisa membayar tiket dengan jasa layanan e-channel. Fasilitas yang diberikan ini akan dikembangkan terus menerus sesuai perkembangan bisnis yang terus meningkat.

"Nasabah kami ataupun lainnya bisa dapat kenyamanan yang lebih bila menginginkan pembayaran tiket dengan mudah," ungkapnya.

Disinggung mengenai kinerja perusahaan hingga setengah tahun pertama 2013, Bernard mengatakan maskapai penerbangannya sudah melayani hingga 3,8 juta penumpang ke berbagai tujuan, baik di domestik maupun luar negeri. Jumlah penumpang tersebut meningkat hingga 36% jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun lalu.

Dari berbagai destinasi yang dilayani perusahaan, Air Asia mengaku penumpang tujuan Denpasar dan Singapura mengalami peningkatan cukup tajam sepanjang semester I-2013. "Kedua tujuan tersebut merupakan tempat yang favorit," ungkapnya.

Hingga akhir tahun, perseroan berharap bisa melayani melayani lebih dari 7 juta penumpang dari tahun sebelumnya sebanyak 5,9 juta penumpang. (Dis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.