Sukses

Dahlan: Monorel Pertama RI Rampung Januari 2015

Proyek monorel untuk transportasi antar terminal di Bandara Soekarno-Hatta ditargetkan selesai dibangun dalam 18 bulan ke depan.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menargetkan proyek monorel untuk transportasi antar terminal di Bandara Soekarno-Hatta sudah selesai dibangun dalam 18 bulan ke depan, atau sekitar Januari 2015.

Monorel ini bakal jadi yang pertama beroperasi di Indonesia karena lebih cepat dibanding proyek monorel DKI Jakarta yang ditargetkan rampung pada 2016.

"Monorel bandara itu selesai 18 bulan lagi, setelah saya sudah tidak jadi Menteri BUMN. Itu akan jadi proyek monorel pertama yang selesai di Indonesia," ungkap Dahlan saat berbincang dengan Liputan6.com yang ditulis Jumat (5/7/2013).

Menurut Dahlan, lebih cepatnya proyek monorel Bandara Soekarno Hatta disebabkan proyek itu tidak melibatkan perusahaan di luar BUMN.
Dahlan menjelaskan monorel sepanjang 4 kilometer bakal dibangun oleh konsorsium BUMN yaitu PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Industri Kereta Api,  dan PT Angkasa Pura II.

Dia menuturkan, Monorel memiliki kapasitas angkut 800 ribu penumpang itu nantinya akan menghubungkan terminal 1, terminal 2 dan terminal 3 baru di Bandara Soekarno-Hatta.

"Nanti kan di tengah bandara ada stasiun untuk menampung penumpang kereta api dari Stasiun Sudirman. Nanti di stasiun itu, penumpang pindah ke monorel," jelas Dahlan. (Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini