Sukses

Hatta Janji Harga Kebutuhan Pokok Terkendali Saat Ramadan

Jika ada tanda- tanda kenaikan harga pangan, pemerintah akan langsung melakukan intervensi pasar dengan menambah pasokan pangan.

Pemerintah menjamin ketersediaan pasokan bahan pokok sepanjang bulan Ramadan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa berjanji pihaknya akan melakukan pengendalian harga di tengah inflasi akibat naiknya konsumsi masyarakat.

"Saya jamin seluruh bahan pangan pokok cukup. Harga harga kita kendalikan, memang ada inflasi pada juni ini karena biasanya mendekati puasa. Tapi bahan pokok utama kita itu tidak mengalami lonjakan dan pasokan cukup,"kata Hatta, di Jakarta, Jumat (5/7/2013).

Jika ada tanda- tanda kenaikan harga pada suatu komoditas pangan, Hatta memastikan pemerintah akan langsung melakukan intervensi pasar dengan menambah pasokan.

"Tak hanya beras termasuk bahan lain misalnya daging kita perintahkan langsung Perum Bulog untuk intervensi ," ungkapnya.

Menurut Hatta, langkah tersebut dilakukan agar harga kebutuhan pokok tidak naik terlalu tinggi di pasaran.  Selain menjaga pasokan dan harga, pemerintah juga akan menjaga penyaluran bahan pokok dengan menciptakan kelancaran transportasi.

"Seperti harga cabe naik tertinggi harus kita kendalikan kita agar tidak terlalu meningkat. Di samping menjaga pasokan, distribusinya harus lancar," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.