Saham Cipaganti Tersungkur di Perdagangan Perdana

on

PT Cipaganti Citra Graha Tbk  (CPGT) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia pada Selasa (9/7/2013) ini. Pada awal perdagangan pukul 09.00 wib, harga saham perdana perusahaan diperdagangkan di level Rp 200. Namun harga saham perusahaan terus turun hingga 2% pada pukul 09.04 menjadi Rp 188 per saham.

Perusahaan di sektor transportasi ini menawarkan harga saham perdananya sebesar Rp 150-220 per saham dari nilai nominal Rp 100 per lembar saham.

Perseroan melepas sebanyak-banyaknya 2 miliar lembar saham atau setara 40% dari modal yang telah ditempatkan dan disetor kepada publik.

Antara lain terdiri dari saham baru yang mencapai 1,75 miliar saham dan sisanya sebesar 250 juta saham milik dari PT Cipaganti Global Corporindo. Pada saat IPO, perseroan juga akan melakukan employee stock allocation (ESA) sebanyak 40 juta lembar saham.

Adapun dana hasil dari IPO sebesar 93,21% akan digunakan untuk kegiatan investasi yang dilakukan perseroan, seperti menambah unit kendaraan baru dan perangkat pendukung lainnya, sebesar 6,79% akan digunakan modal kerja oleh perseroan.

Perangkat pendukung lainnya meliputi peremajaan unit kendaraan, penambahan unit bis pariwisata, membeli tanah untuk lokasi tempat penitipan kendaraan, pembelian tanah untuk kantor dan untuk renovasi pembangunan kantor.

Dalam merealisasikan rencana IPO, perseroan telah menunjuk PT Mandiri Sekuritas dan PT Kim Eng Securities selaku penjamin emisi (underwriter). (Dis/Nur)

Credit Nrm

Suka artikel ini?
Dian Ihsan Siregar
Dian Ihsan Siregar

  Full bio »

0 Comments