Sukses

Pasang Stiker POLRI, Mobil Tangki Pertamina Dapat Jalur Khusus

PT Pertamina menjamin persiapan mudik Labaran tahun ini telah dipersiapkan dengan matang. Salah satunya SPBU yang buka 24 jam di jalur mudik

Guna mengatasi lonjakan konsumi Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2013, Pertamina akan bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk mengutamakan jalur truk tanki BBM. Langkah ini diharapkan membantu perusahaan menjaga pasokan BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di seluruh Indonesia.

"Nanti akan ada pemasangan stiker pada mobil tanki pertamina dengan design menggunakan lambang Pertamina dan Polri, karena biar nanti dapat jalur khusus dan diutamakan," ungkap VP Retail Fuel Marketing Pertamina Muchamad Iskandar di kantor pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (9/7/2013)

Pertamina juga memastikan akan berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat untuk memberikan dispensasi kepada truk tanki BBM untuk dibebaskan melewati jalur-jalur khusus yang biasanya tidak boleh dilewati.

"Karena biasanya kan tanki tidak boleh masuk jalur kota, nanti akan berkoordinasi untuk boleh melewati jalur-jalur larangan seperti itu," tegas Iskandar.

Ditambahkannya, Pertamina juga telah menyiapkan sejumlah langkah untuk tetap menjaga pasokan BBM di setiap SPBU dan memastikan masyarakat tidak kesulitan memperoleh BBM ditengah kemacetan saat mudik Lebaran. Langkah-langkah yang disiapkan diantaranya pembukaan posko lebaran Pertamina yang mulai beroperasi pada 25 Juli 2013, meningkatkan tambahan pasokan BBM di berbagai daerah khususnya di daerah-daerah jalur mudik lebaran, melakukan monitoring stok harian di seluruh teminal BBM secara online.

Pertamina juga berjanji akan mempersiapkan kantong-kantong bahan bakar khusus di daerah-daerah yang tidak ada SPBU serta menyiapkan mobil tanki isi yang standby di SPBU di daerah rawan kemacetan. "Sehingga kalau pasokan terkunci kemacetan, paling tidak bisa bertahan sampe tanki itu habis," kata Iskandar.

Selain itu, Pertamina juga akan membuat pemisahan jalur motor dan mobil untuk memperlancar arus di SPBU meskipun langkah tersebut diakui sulit diterapkan. Serta menambah mobil tanki atau switching mobil tanki dari solar ke premium mengingat konsumsi solar diperkirakan akan menurun.

Guna memberikan kenyamanan bagi para pemudik, Pertamina juga menjamin terminal BBM dan SPBU akan beropersi penuh 24 jam khusus di jalur mudik mulai H-15 sampai dengan H+15 Lebaran. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah materi apapun yang bisa diubah menjadi energi.

    BBM

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Mudik menurut KBBI adalah pulang ke kampung halaman.

    Mudik

Video Terkini