Sukses

Pemerintah Diminta Jaga Harga Elpiji Saat Ramadan

Anggota Komisi VII DPR Rofi Munawar meminta pemerintah serius menjaga harga elpiji di tingkat eceran agar tidak melonjak saat Ramadan.

Kelangkaan dan melonjaknya harga elpiji masih terjadi di berbagai daerah di awal Ramadan. Kenaikan harga bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi menjadi alasan distributor untuk menaikan harga elpiji secara sepihak untuk konsumen.

Anggota Komisi VII DPR Rofi Munawar meminta agar pemerintah serius dalam memastikan harga elpiji di tingkat eceran tidak ada penyelewengan.

“Selama ini konsumen menjadi pihak yang lemah dan dirugikan, kenaikan elpiji resminya tidak terjadi namun di banyak distributor mengalami kenaikan dengan alasan biaya transportasi dan distribusi yang naik juga,” kata dia, Rabu (10/7/2013).

Menurut Rofi, pemerintah harus mampu menstabilkan harga elpiji yang sudah cukup lama berfluktuasi di masyarakat. Ketidakpastian pasokan dan kenaikan harga bagi masyarakat akan sangat mempengaruhi struktur konsumsi masyarakat di tengah beragam kenaikan harga kebutuhan pokok.

Kemudian kepada distributor maupun agen seharusnya tetap mendukung kebijakan resmi yang telah dikeluarkan pemerintah sebelum ada kebijakan baru terkait kenaikan biaya transportasi.

“Empati kita harus nampak dalam merumuskan tata niaga elpiji ini, mengingat konsumsi terbesar elpiji 12 kilogram (kg) dan 3 kg ada di lapisan bawah,” tegas Rofi’.

Ia mengungkapkan pemerintah maupun Pertamina, harus bertindak tegas terhadap segala bentuk penyelewengan baik dalam harga maupun pasokan yang diluar ketentuan oleh para pengusaha mauapun pengecer.

"Karenanya pemerintah, pemda dan pengusaha swasta nasional harus berkoordinasi untuk memastikan distribusi yang tetap berpihak kepada masyarakat luas," tuturnya.

Rofi menjelaskan, ironisnya selama ini kenaikan harga elpiji terjadi di pusat-pusat distribusi yang seharusnya lebih mudah secara akses distribusi, karenanya dibayangkan harga elpiji yang jauh dari pusat distribusi dan pelosok tentu akan lebih tinggi lagi bagi konsumen.

“Pengusaha harus mampu mengendalikan harga eceran di masyarakat, karena kunci distribusi utama dari mereka. Usulan kenaikan elpiji oleh pengusaha harus mamperhatikan kondisi masyarakat saat ini,” jelas dia. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Elpiji

Video Terkini