Sukses

Pemerintah Diminta Promosi BPJS Mencontek BLSM dan Kenaikan BBM

Masyarakat hingga kini masih banyak yang belum memahami apa tujuan dan peran keberadaan BPJS ini.

Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Rieke Diah Pitaloka meminta pemerintah menggelar sosialisasi dengan gencar kepada masyarakat perihal keberadaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang rencananya mulai berjalan 1 Januari 2014.

"Saya kagum sosialisasi BLSM dan kenaikan BBM yang sosialisasinya gencar sekali. Saya yakin pemerintah mampu melakukan sosialisasi BPJS sama seperti sosialisasi sebelumnya," ujar Rieke dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Hadir dalam RDP dengan Komis IX DPR RI antara lain Menteri Kesehatan, Menteri Keuangan, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), PT Askes (Persero), dan Kementrian PPN/Bappenas.

Rieke menambahkan hingga sekarang di lapangan masih banyak kalangan yang belum memahami apa tujuan dan peran keberadaan BPJS ini.

Masyarakat menilai penjaminan sosial yang akan dilakukan BPJS nantinya hanya merupakan pengalihan dari Jamkesmas yang sebelumnya sudah pernah dilakukan pemerintah.

Untuk itu Komisi IX menyatakan kesiapannya terlibat dalam proses sosialisasi mengenai BPJS sehingga nantinya pada 2014  masyarakat paham mengenai tujuan pemerintah dengan keberadaan jaminan kesehatan.

"Kami siap dilibatkan dalam sosialisasi, kami dari sisi Undang-Undangnya, Askes dari sisi teknisnya, Kementerian Kesehatan dari regulasinya," papar dia. (Yas/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial.

    BPJS