Sukses

Pemerintah Siapkan Minimal 2 Kapal Angkutan Buat Pemudik Motor

Pemerintah terus mengambil langkah antisipasi kepadatan penyeberangan antar pulau menjelang masa mudik Lebaran di tahun ini.

Pemerintah terus mengambil langkah antisipasi kepadatan penyeberangan antar pulau menjelang masa mudik Lebaran di tahun ini. Hal ini untuk memperlancar arus mudik dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

"Kami akan tambah dua kapal angkut untuk sepeda motor guna membantu penyeberangan antar pulau di hari raya Lebaran tahun ini," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Suroyo Alimoeso sebelum menghadiri rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Suroyo menuturkan, ada 2 kapal yang diberikan kepada Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub guna bisa mengangkut  6.000 unit sepeda motor dalam jangka 4 empat hari. Penambahan dua kapal tersebut akan difokuskan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Sementara Kemenhub juga menyiapkan 2 kapal. Selain itu ada penambahan kapal dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Penambahan kapal ASDP ini akan lebih bisa membantuk masyarakat mudik.

"Tapi kami belum bisa menjelaskan secara rinci mengenai anggaran dana yang disiapkan untuk mendatangkan dua kapal, karena masih dalam hal pembahasan. Dananya masih diusulkan, tapi dana itu belum diputuskan," ungkapnya.

Lanjut Suroyo, pihak ASDP akan terus menambah armada kapal untuk menampung pengendara kendaraan bermotor yang mudik antar pulau.

"Kami berharap bisa mengangkut 12.000 sepeda motor. Sehingga bisa mengurangi kepadatan motor di jalan raya disaat hari raya Lebaran," tegas Suroyo. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini