Sukses

Kemenhub Gandeng 3 Instansi Perlancar Arus Mudik Kendaraan Motor

Kemenhub merangkul 3 instansi, yakni Kementerian Pekerjaan Umum, Pertamina dan Polri untuk mengatasi angkutan transportasi mudik.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku sudah merangkul 3 instansi, yakni Kementerian Pekerjaan Umum, PT Pertamina (Persero) dan Polri untuk mengatasi moda transportasi selama pelaksanaan mudik Lebaran 2013.

Pada masa mudik tahun ini, jumlah penggunaan transportasi darat berupa motor dan mobil diperkirakan meningkat 6% dibandingkan tahun lalu.

"Kalau pada Lebaran tahun ini sepeda motor dan mobil pribadi mengalami kenaikan hingga 6%, dibanding hari raya Lebaran di tahun sebelumnya," ujar Menteri Perhubungan EE Mangindaan usai rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Mangindaan menjelaskan, sebagai langkah antisipasi kemacetan di jalan raya, pihaknya akan mengangkut pemudik motor masuk ke dalam kapal laut, kereta api dan truk besar.

Untuk jasa pengangkutan itu diberikan secara gratis, sehingga masyarakat bisa menggunakan layanan tersebut sebaik mungkin.

Selain itu, para diler-diler kendaraan besar juga bersedia menyediakan angkutan pemudik motor. Mekanisme pengangkutan dengan membawa motor terpisah dengan truk, sementara penumpang menggunakan kendaraan bus.

"Kami perkirakan ada 30-35 ribu motor yang akan diberikan jasa pelayanan angkutan, sehingga tidak terjadi banyak kecelakaan di saat Lebaran nanti," ungkap dia.

Mangindaan mengaku pihaknya sudah menemukan konsep yang handal dalam mengantisipasi kemacetan di saat hari raya Lebaran dan juga mengurangi angka kecelakaan pada tahun ini.

"Kami berharap kalau kemacetan dan angka kecelakaan bisa berkurang pada Lebaran tahun ini. Kami bersungguh-sungguh untuk merealisasikan rencana tersebut," tegas dia. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.