Sukses

Dahlan Akan Wajibkan Semua BUMN Bayar Zakat

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku ingin mengkoordinasikan seluruh perusahaan BUMN agar ikut berpartisipasi membayar zakat.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku ingin mengkoordinasikan seluruh perusahaan BUMN agar ikut berpartisipasi membayar zakat.

"Kami akan koordinasikan secara efektif seluruh perusahaan BUMN agar ikut membayar zakat. Karena selama ini kami menjadi bebas, maka dari itu kami akan menjadi pencerah, setelah ikut berpartisipasi dalam berzakat," ujar Dahlan di Jakarta, Jumat (12/7/2013).

Dia menilai rencana tersebut sangatlah baik. Pengurangan harta BUMN dengan jalan membayar zakat memberikan keuntungan tersebut. Semua kalangan direksi maupun karyawan perusahaan BUMN diharapkan turut andil membayar zakat.

Materi sosialisasi zakat profesi berupa payroll sistem. Melalui sistem ini para pegawai BUMN dari berbagai jenjang dapat membayarkan zakatnya secara rutin dan mudah langsung memotong gaji mereka.

"Dengan cara itu pembayaran zakat sangatlah mudah, karyawan tinggal bisa membayar zakat dengan dipotong langsung gajinya," kata Dahlan.

Namun Dahlan mengaku belum mengetahui porsi dananya, karena masih akan ada tahap penghitungan mengenai dana perolehan zakat tersebut.

Dia menegaskan dalam waktu dekat akan merangkul semua perusahaan BUMN, sehingga banyak perusahaan BUMN yang turut andil langsung dalam membayar zakat.

"Untuk porsi kami belum hitung, karena masih dalam tahap merangkul semua perusahaan BUMN. Tapi, semua perusahaan BUMN wajib ikut dalam rencana ini," tegasnya. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.