Sukses

Apa Ya Sisi Positif UKM Kena Pajak 1%?

Banyak UKM yang menjerit dengan kebijakan pemerintah yang mengenakan pajak 1 persen. Selain membebankan, adakah sisi positif pajak untuk UKM

Banyak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menjerit dengan kebijakan pemerintah yang mengenakan pajak 1 persen per Juli 2013. Selain membebankan, adakah sisi positif pajak untuk UKM?

Pajak UKM yang ditetapkan pemerintah sendiri adalah untuk usaha yang beromzet Rp 1-Rp 4,8 miliar per tahun.

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Handaka Santosa mengungkapkan niat pemerintah memberlakukan aturan pajak 1% bagi UKM sangat baik. Karena sisi baiknya UKM jadi lebih terjangkau akses perbankan (bankable)

"Tujuan keluar aturan pajak 1% agar UKM punya Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan lebih bankable," tukas dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, seperti ditulis Minggu (14/7/2013).

Lebih jauh Handaka mengatakan, kepemilikan NPWP dapat memudahkan pelaku UKM untuk memperoleh kredit dari perbankan demi mengembangkan usahanya.

"Jadi kalau UKM mau buka lima cabang atau outlet di pusat belanja atau di manapun, bisa pinjam kredit ke bank. Kalau belum punya NPWP atau bayar pajak, bank takut memberikan pinjaman," ungkapnya.

Sedangkan bagi UKM yang sudah terbiasa membayar pajak, kata dia, sangat menguntungkan. Pasalnya, pelaku UKM tak perlu repot-repot menghitung omzet. Karena berapapun penjualan bruto yang dihasilkan, pajak tetap berlaku 1%. (Fik/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.