Sukses

3 Prioritas yang Dibahas di APEC 2013

Hasil pertemuan The 3rd APEC Senior Officials Meeting (SOM3) menghasilkan 3 prioritas pembahasan pada APEC 2013.

Hasil pertemuan The 3rd APEC Senior Officials Meeting (SOM3) yang dihadiri pejabat tinggi APEC di Medan, Sumatera Utara, menghasilkan 3 prioritas pembahasan pada APEC 2013 yang akan diselenggarakan di Bali pada Oktober 2013 mendatang.

Tiga prioritas pembahasan tersebut adalah:
1. Pencapaian Bogor Goals
2. Konektivitas perdagangan
3. Pertumbuhan berkelanjutan yang adil.

Untuk upaya pencapaian Bogor Goals ikut mendorong pemerataan kesempatan dan pemanfaatan kerjasama APEC.

Dalam hal ini Indonesia akan mendorong kerjasama APEC ke depannya agar dapat lebih memperhatikan semangat inklusif, adil dan kesamaan kesempatan utama bagi usaha kecil dan menengah (UKM), pengusaha muda dan wanita pengusaha.

Untuk pembahasan konektivitas perdagangan, maka Indonesia akan mendorong pengembangan kerangka kerja peningkatan konektivitas Asia Pasific yang lebih terfokus dan terstruktur pada 3 pilar utama seperti konektivitas fisik, konektivitas kelembagaan, dan konektivitas antar penduduk.

"Kita akan berupaya mencari shock point soal konektivitas, misalnya mencari solusi soal aturan perundang-undangan yang berbelit-berlit sehingga menyulitkan orang untuk membuka usaha serta soal sistem transportasi," ujar Imam Pambagyo, Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan di Jakarta, Senin (15/7/2013).

Sementara itu, dibahas upaya revitalisasi perdagangan jasa dimana dengan semakin berkembangnya konsep value chain, maka kerja sama APEC akan memberikan perhatian khusus pada sektor jasa.

Hal ini tergambar secara sederhana pada kegiatan sektor manufaktur yang dalam kegiatannya memerlukan jenis jasa seperti riset, pembiayaan, asuransi, logistik, transportasi, pemasaran dan lain-lain. (Dny/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kerja sama Ekonomi Asia-Pasifik atau Asia-Pacific Economic Cooperation (#APEC), adalah forum ekonomi 21 negara di Lingkar Pasifik.

    APEC

  • APEC 2013

Video Terkini