Sukses

10 Negara Pencetak Miliarder Terbanyak di Dunia

Berikut 10 negara dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia dibandingkan dengan jumlah penduduk.

Meraih uang miliaran rupiah bukan hal yang mudah. Anda harus memulainya dari pundi-pundi kecil, mengumpulkannya hingga jutaan, puluhan bahkan miliaran rupiah. Setelah itu, dengan berbagai bisnis yang dijalankan, barulah Anda bisa dinobatkan sebagai miliarder.

Sulitnya menjadi miliarder membuat jumlahnya di setiap negara cukup terbatas. Namun ternyata, ada beberapa negara dunia dengan skala kepadatan penduduk miliarder terbesar di dunia.

Berikut 10 negara dengan jumlah miliarder terbanyak di dunia dibandingkan dengan jumlah penduduk, melansir laman The Richest, Selasa (16/7/2013),:


1. Monako

3 miliarder dari 35.427 penduduk

Negara bagian yang kecil ini memang kaya sejak pertama dipimpin keturunan Italia kuno, Grimaldis. Negara ini tak mengenakan pajak pendapatan bagi penduduk asli maupun turis asing yang bekerja di sana.

Michele Ferrero, kepala dinasti cokelat Italia menjadi miliarder terkaya di kota ini dengan pendapatan yang diprediksi sebesar US$ 20,4 miliar.


2. St. Kitts dan Nevis


1 miliarder dari 53.051 penduduk

Sebagai negara bagian terkecil di Amerika, populasinya hanya 53.051 jiwa.Kegiatan ekonomi kebanyakan penduduknya bergerak di bidang pertanian, setelah sebelumnya kehilangan berbagai jenis industri.

Jacky Xu, Pimpinan Trendy International Group memiliki pendapatan yang diprediksi sebesar US$ 1,6 miliar.


3. Guernsey


1 miliarder dari 65.345 penduduk

Guernsey adalah pulau kecil yang berlokasi di antara Inggris dan Perancis. Secara teknis, Guernsey tak masuk ke dalam wilayah Eropa, meski diakui sebagai kawasannya.

Keuangan negara banyak ditopang oleh pariwisata, manufaktur dan perkebunan. Miliarder terkaya di negara ini adalah Dame Mary Perkins yang memiliki perusahaan optik terbesar di dunia.


4. Hong Kong


39 miliarder dari 7,1 juta penduduk

Meski hanya pulau kecil, negeri ini merupakan markas dari banyak sekali perusahaan multinasional yang memiliki banyak cabang di Aisa.

Meroketnya harga real estate di Hongkong menggenjot ekonomi negara ini. Setiap orang di sini bersaing mendapatkan apapun yang mereka inginkan.

Li Ka-Shing menjadi orang terkaya di dunia saat ini. Meski sudah berusia 85 tahun, dia masih menjalani usaha yang didirikannya tersebut. Pendapatannya diperkirakan mencapai US$ 31 miliar.


5. Belize


1 miliarder dari 356.600 penduduk

Belize merupakan salah satu negara dengan populasi terkecil di dunia. Faktanya, negara ini memiliki kekayaan laut dan pinggiran pantai yang indah. Pariwisata menjadi bidang utama sebagai penggenjot ekonomi negara.

Orang terkaya di negeri ini adalah Huang Maoru yang berasal dari keluarga kaya pemilik Maoye International, toko-toko ritel di China. Pendapatannya diperkirakan sekitar US$ 1 miliar.


6. Siprus


3 miliarder dari 1,1 juta penduduk

Sebagai negara yang terkenal sebagai surga pajak bagi para importir, Siprus sempat menderita selama krisis keuangan Eropa dan harus membayar pinjaman senilai US$ 13 miliar pada Uni Eropa.

Miliarder teratas di Siprus adalah rajanya tangki minyak John Frediksen dengan kekayaan sebesar US$ 13,5 miliar. Disusul Suat Gunsel yang memiliki bank, rumah sakit, universitas, SPBU dan berbagai perusahaan lainnya.


7. Israel


17 miliarder dari 7,8 juta penduduk

Bank Dunia menobatkan Israel sebagai negara dengan akses bisnis termudah ketiga secara global. Israel sangat menikmati persaingan bisnisnya dengan beberapa negara tetangga. Ekonomi negaranya banyak dibangun sebagai hasil riset dan pengembangan tenaga kerja terampil.

Miliarder terkaya di Israel adalah Idan dan Eyal Ofer, pemilik Ofer Holdings Groups, Israel Chemicals Ltd., dan perusahaan lain. Pendapatan Idan diprediksi mencapai US$ 6,5 miliar, sementara Eyal sebesar US$ 6 miliar.


8. Singapura

10 miliarder dari 5,2 juta penduduk

Meski memiliki peraturan pemerintah yang tegas terkait tingkah laku masyarakatnya. Singapura menjadi salah satu pusat penting perekonomian dunia.

Perdagangan menjadi kunci utama pendorong ekonominya. Hotel dan situasi bisnis yang menyenangkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung asing.

Sementara di urutan pertama 10 miliarder ini adalah Ng bersaudara, Robert dan Philip yang berpendapatan hingga US$ 10,1 miliar. Ayahnya pernah membangun 70 hotel, mal dan apartemen, hotel di Hongkong.


9. Kuwait

5 miliarder dari 2,8 juta penduduk

Negara terkaya kelima di dunia ini banyak meraup kekayaan dari minyak mentah dan produk-produknya serta sektor keuangan. Jepang menjadi mitra kerjasama terbesar untuk Kuwait saat ini.

Pemerintahnya menyadari bahwa kehidupan negaranya tak bisa terus-terusan bergantung pada cadangan minyak. Maka negara ini mulai berubah haluan menjadi pusat perdagangan dan pariwisata.

Diantara kebanyakan miliarder ternama, dua kakak beradik Bassam dan Kutayba menjadi yang terkaya setelah mendapat warisan dari mendiang ayahnya.


10. Swiss

13 miliarder dari 7,9 juta penduduk

Swiss memproduksi lebih dari setengah jumlah arloji yang tersebar di seluruh dunia. Tak hanya itu, negara ini juga menjadi tuan rumah perusahaan-perusahaan multinasional super besar di dunia termasuk perusahaan tambang Glencore Xstrata, perusahaan raksasa makanan Nestlé and farmasi Novartis and Roche.

Orang terkaya dari 13 miliarder ini adalah Ernesto Bertarelly dan keluargannya dengan pendapatan US$ 10,6 miliar. (Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini