Sukses

Harga Emas `Melempem` Tunggu Kepastian the Fed Soal Stimulus

Investor masih menanti pernyataan Kepala Federal Reserve Ben Bernanke di depan Kongres pada akhir pekan ini tentang keberlanjutan stimulus.

Harga emas sedikit melemah pada perdagangan Selasa (16/7/2013) pagi ini. Investor masih menanti pernyataan Kepala Federal Reserve Ben Bernanke di depan Kongres pada akhir pekan ini tentang keberlanjutan stimulus moneter Bank Sentral Amerika Serikat (AS).

Harga emas di pasar Spot turun 0,01% menjadi US$ 1.281,84 per ounce. Sementara harga emas di pasar AS turun US$ 2,30 menjadi US$ 1.281,20 per ounce, mengutip laman Reuters, Selasa (16/7/2013).

Penyebabnya antara lain karena kenaikan penjualan ritel AS kurang dari harapan pada bulan Juni. Ini menjadi tanda terbaru dari perlambatan pertumbuhan ekonomi yang menawarkan catatan penting bagi Federal Reserve untuk mempertimbangkan skala pembelian obligasi bulanan US$ 85 miliar.

Kekecewaan muncul pada pertumbuhan akseleratif sektor manufaktur di negara bagian New York pada bulan Juli, menurut sebuah laporan dari Federal Reserve New York yang memberikan salah satu tonggak penunjuk awal bulanan tentang kondisi pabrik AS.

Pasar emas kini fokus pada Bernanke yang akan memberikan pernyataan setengah tahunan kepada Kongres pada Rabu dan Kamis. Ini akan diawasi sebagai tanda-tanda lebih lanjut tentang kepastian waktu terkait pengurangan pembelian obligasi.

Investor masih menunggu kondisi stabilitas yang lebih besar dalam harga emas sebelum kembali ke aset berharga ini tahun ini. Bahkan meskipun kekhawatiran atas pemulihan ekonomi masih akan mempengaruhi harga logam emas dalam jangka panjang. (Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Laman ini berisi mengenai informasi seputar harga emas terbaru. Harga emas ini terus diperbarui setiap harinya.

    Harga Emas

  • Emas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Au (bahasa Latin: 'aurum') dan nomor atom 79.

    emas