Sukses

10 Ikon yang Buat Indonesia Terkenal di Dunia Versi SBY

SBY membuka pameran batik dengan cara tak biasa, yaitu mengajukan pertanyaan terkait ikon yang membuat Indonesia dikenal di dunia. Apa saja?

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi membuka pameran Gelar Batik Nusantara (GBN) 2013. Dalam gelaran kali ini, SBY membuka pameran batik dengan cara yang tak biasa yaitu melemparkan pertanyaan kepada pengunjung terkait 10 nama atau kata yang membuat orang lain langsung teringat Indonesia.

"Saya ingin mengajukan kuis, coba sebutkan 10 kata yang apabila orang lain menyebutnya, akan langsung teringat dengan Indonesia," kata dia dalam Pembukaan GBN ke-8 di JCC, Jakarta, Rabu (17/7/2013).

Mendengar kuis dari orang nomor satu di Indonesia itu, sontak para pengunjung langsung menjawab pertanyaan dengan menyebut untuk kata pertama yakni batik.

"Ya, 10 nama itu antara lain, batik, Bali, Candi Borobudur, Pulau Komodo, Nasi Goreng, rendang, angklung, wayang, tsunami besar, serta reformasi dan birokrasi yang berhasil," ungkapnya.

SBY menyatakan, batik telah menjadi ikon Indonesia terbukti dengan adanya pengakuan Warisan Budaya Tak Benda dari UNESCO pada 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi. Dengan pengukuhan tersebut, Presiden menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Batik Nasional.

"Batik Indonesia pada beberapa tahun terakhir ini berkembang pesat dari kualitas, corak warna dan keindahannya. Saya membuktikannya saat berjalan keliling Indonesia dari satu kabupaten atau kota satu ke tempat lain dan bertemu dengan pengrajin maupun pembeli batik," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Perindustrian, MS Hidayat mengatakan, pengakuan UNESCO merupakan suatu kebanggaan sekaligus tantangan bagi Indonesia.

"Tantangannya adalah bagaimana seluruh pemangku kepentingan dapat melestarikan dan melindungi batik Indonesia. Serta secara ekonomi harus mempromosikan batik baik di dalam maupun luar negeri," pungkas dia.(Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini