Sukses

2 Kapal Roro Siap Angkut Pemudik Motor Gratis ke Semarang

Kemenhub memfasilitasi pemudik pengguna sepeda motor memakai kapal ferry roro sepaket dengan bis secara gratis.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan fasilitas pemudik pengguna sepeda motor memakai kapal ferry roll on-roll off (Roro) sepaket dengan bis secara gratis dengan tujuan Semarang (Pelabuhan Tanjung Emas) selain menggunakan truk dan bus.

Adapun disiapkan 2 kapal Roro, yakni KMP Ranaka dan KMP Wayangan) berbobot 750 gross ton (GT), yang setiap harinya bergantian mengantarkan pemudik menuju Tanjung Emas - Semarang. 

"Pemudik sepeda motor akan diberangkatkan dari Terminal 2 Pelabuhan Tanjung Priok - Jakarta Utara setiap harinya terhitung dari 1 sampai 5 Agustus 2013," dalam keterangan tertulis Humas Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Jumat (19/7/2013).

Adapun sistem operasinya, yakni pengendara motor beserta motornya diangkut menggunakan kapal ferry Ro-Ro, sementara penumpang diberangkatkan menggunakan bis dari Pool Bis Damri Kemayoran, Jalan Angkasa - Jakarta Pusat menuju Terminal Mangkang atau Terboyo Semarang - Jawa Tengah.

Ditargetkan setiap Kapal Ferry Ro-Ro dapat mengangkut 400 motor beserta 400 orang pengendara setiap hari. Sementara jumlah bis yang disiapkan bagi penumpang sebanyak 8-10 bus setiap harinya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk bisa memakai fasilitas cuma-cuma ini, antara lauin 1 sepeda motor berlaku untuk 2 orang dewasa dan 1 orang balita.

Selain itu, sepeda motor yang akan diangkut harus memenuhi persyaratan, sebagai berikut :
   1.  Tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan
   2.  Memiliki KTP, STNK dan SIM yang sah dengan nama pemegang atau pemilik yang sama
   3.  Kaca spion wajib disesuaikan dengan ruangan Kapal (bila perlu dibawa oleh pemilik)
   4.  Jumlah helm sesuai dengan kebutuhan dibawa oleh pemilik
   5.  Harus ada penyangga / standar tengah dan pegangan belakang
   6.  Tidak ada box di samping kiri dan kanan, maupun di belakang
   7.  1 orang pemilik/pengendara sepeda motor wajib ikut menumpang di kapal

Di sini beberapa lokasi, masyarakat yang berminat ikut program pemerintah tersebut, yakni:

   1.  Di Kantor Kementerian Perhubungan, Lobby Gedung Cipta Lantai Dasar, setiap hari mulai dari hari Selasa tanggal 16 Juli 2013 sampai 30 Juli 2013 (sampai memenuhi kuota) dimulai pada pukul 08.00 WIB -15.00 WIB. 
 
  2.  Kantor Dinas Perhubungan Kota Bekasi
 
  3.  Kantor Dinas Perhubungan Kota Depok
  
  4.  Kantor Dinas Perhubungan Kota Tangerang
  
  5.  Kantor Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan

Jadwal dan tempat pemberangkatan sepeda motor dan pengendaranya dilaksanakan pada :

   1.  Tanggal 1 dan 2 Agustus 2013 pukul 09.00 WIB;

   2.  Tanggal 3 dan 4 Agustus 2013 pukul 13.00 WIB;

   3.  Tanggal 5 Agustus 2013 pukul 17.00 WIB.

Pemberangkatan Kapal Ferry Ro-Ro dari Terminal 2 Pelabuhan Tanjung Priok - Jakarta Utara menuju Pelabuhan Tanjung Emas - Semarang.

Pemberangkatan penumpang dilaksanakan pada : Tanggal 1 sampai 5 Agustus 2013, pada pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB, berangkat dari Pool Bus Damri Kemayoran, Jalan Angkasa, Jakarta Pusat menuju Terminal Mangkang/Terboyo - Semarang.

Pada saat Arus Balik, disiapkan 1 buah Kapal Ferry Ro-Ro, yaitu KMP Ranaka dari Semarang ke Jakarta pada tanggal 11 Agustus 2013 untuk 1 kali keberangkatan.(Nur)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini