Sukses

Agustus Ini, Toyota & Daihatsu Mulai Jual Mobil Murah

Dua produsen otomotif bakal mulai menjual mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) paling cepat Agustus 2013.

Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat memastikan dua produsen otomotif bakal mulai menjual mobil murah dan ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) paling cepat Agustus 2013.

"Saya sudah menerima pendaftaran (produksi dan penjualan mobil LCGC) Toyota dan Daihatsu. Dan saya dengar, mereka mau mulai jualan bulan Agustus atau September ini," ujar dia setelah Rapat Koordinasi (Rakor) Fiskal, Pajak, Infrastruktur dan Tenaga Kerja di Jakarta, Jumat (19/7/2013).

Daihatsu dan Toyota adalah dua produsen yang telah siap untuk memproduksi mobil murah dan ramah lingkungan karena telah memiliki pabrik di Indonesia. Rencananya, Daihatsu dan Toyota dengan target produksi LCGC sekitar 55 ribu unit per tahun.

Sedangkan produsen otomotif lain, lanjut Hidayat, sedang menyelesaikan pembangunan pabrik, diantaranya pabrik baru Honda di Karawang dan Nissan. Pembangunan pabrik diperkirakan rampung pada akhir Desember 2013.  

"Kami sangat ketat soal LCGC karena ini program nasional bukan hanya DKI Jakarta saja. Kami punya 450 kabupaten/kota, dan ingin distribusinya secara nasional," tukasnya.  

Siang ini, dia dijadwalkan akan bertemu dengan manajemen Toyota di kantor Kemenperin, Jakarta. Namun ketika dikonfirmasi lebih jauh apakah ada rencana penambahan investasi, Hidayat belum bersedia berkomentar. "Belum tahu, ya mungkin soal LCGC. Tapi kan kalau soal Toyota sudah selesai semua," imbuhnya.   

Sebelumnya, Hidayat memastikan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) tak perlu menunggu aturan juklak bila mengajukan surat permohonan untuk memperoleh memasarkan mobil murah.

"Kalau selesai semua (persyaratan) dalam proses pengajuan hari ini, 12 hari terhitung setelah itu mereka bisa langsung jualan. Pembeli pertama juga boleh, jadi tidak perlu audit teknis," tandas dia. (Fik/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.