Sukses

PLN Beli Listrik 50 MW dari Lombok Energy Dynamics

PLN membeli listrik sebesar 50 MW yang dihasilkan PLTU yang dibangun PT Lombok Energy Dynamics di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

PT PLN (Persero) membeli listrik sebesar 50 megawatt (MW) yang dihasilkan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang bakal dibangun PT  Lombok Energy Dynamics di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan kontrak jual beli listrik (power purchase agreement/PPA) antara Direktur Utama PLN Nur Pamudji dan Direktur Utama PT Lombok Energy Dynamics Banu Pradipto.

Menurut rencana PLN bakal listrik dari PLTU Lombok Timur dengan harga US$ 9,1792 sen per kilowatthour  (kWh). Harga tersebut berlaku pada saat pembangkit telah beroperasi komersial yang dijadwalkan dalam waktu 31 bulan sejak penandatanganan PPA atau Februari 2016.


Nur Pamudji menjelaskan, pembangkit ini akan memasok energi listrik ke sistem Lombok sebesar 350 gigawatthour (GWh) per tahun. Pengoperasian pembangkit listrik berbahan bakar batu bara tersebut nantinya bisa membantu perseroan menekan biaya produksi listrik.

Pasalnya, selama ini listrik di Lombok masih dipasok pembangkit berbahan bakar diesel, yang harganya lebih mahal dari batu bara. Saat ini biaya pokok produksi listrik PLN di Lombok mencapai Rp 3.435 per kWh.

"Karena Lombok itu sampai sekarang ini masih pakai diesel. Jadi kalau itu PLTU batu bara beroperasi tentu bisa menghilangkan diesel. Hematnya sekitar Rp 890 miliar per tahun," papar dia di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (19/7/2013).

Dia menyebutkan, PT Lombok Energy Dynamics juga telah memecahkan rekor tercepat dalam persiapan pembangunan PLTU Lombok Timur. Karena menurut Permen ESDM 01/2006 dan 04/2007, proses persiapan pembangunan mulai dari prakualifikasi hingga penandatangan PPA, membutuhkan waktu 321 hari.  Sementara PT Lombok Energy Dynamics mampu menyelesaikan dalam 263 hari.

"Ini memecahkan rekor dan membanggakan. Ketika IPP yang lain butuh waktu lebih dari setahun bahkan ada yang 500 hari, PT Lombok Energy Dynamics hanya 263 hari. Namun, rekor ini perlu dipecahkan lagi, agar pembangunan PLTU bisa semakin cepat," kata Nur Pamudji.
 
Direktur Utama PT Lombok Energy Dynamics Banu Pradipto menuturkan,  perseroan mengalokasikan dana Rp 800 miliar untuk membangun pembangkit tersebut. Adapun sumber pendanaan proyek sekitar 70% berasal dari pinjaman perbankan nasional.

"Sisanya 30% dari kas internal perseroan," tutur Banu.

Adapun kebutuhan batu bara untuk mengoperasikan pembangkit tersebut sekitar 900 ton per hari. Rencananya pasokan batu bara berasal dari Kalimantan.

"Dipasok dari Kalimantan tentunya, tapi sampai saat ini masih belum kita tentukan," jelasnya.

Sekadar informasi, listrik dari PLTU Lombok Timur yang akan dibangun di Desa Padak Guar, Kelurahan Labuan Pandan, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat ini, akan disalurkan ke Sistem Lombok melalui jaringan transmisi 150 kV ke Gardu Induk PLTU Lombok.

Saat ini beban puncak listrik di Lombok tercatat sekitar 160 MW dan daya mampu pembangkit sebesar 178 MW. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini