by Nurmayanti

Kopi-kopi Termahal di Dunia, Luwak No.1

  • Ekonomi
  • 0
  • 20 Jul 2013 07:01
Kenikmatan secangkir kopi bagi penikmatnya tak tergantikan dengan apapun. Minuman yang berasal dari biji ini bisa dinikmati kala santai maupun pada acara-acara resmi.

Minat yang sedemikian besar terhadap minuman ini, membuat banyak usaha minuman kopi berdiri. Mulai dari kedai biasa hingga kafe berkelas.

Bahan baku biji kopi pun beraneka ragam. Kondisi tanah, bibit menjadi penentu kenikmatan secangkir kopi. Tumbuhan ini pun banyak dipelihara negara-negara terutama yang beriklim tropis. Indonesia termasuk negara yang menjadi produsen kopi dunia.

Bahkan, kopi termahal di dunia berasal dari Indonesia. Kopi luwak namanya. Selain Indonesia masih ada negara lain yang menjadi penghasil kopi termahal di dunia.

Mengutip laman the richest.org, berikut 10 kopi termahal di dunia dan negara asalnya, Sabtu (20/7/2013):


1. Kopi Luwak dari Indonesia




Kopi Luwak, layak menempati posisi nomor satu dari 10 kopi termahal di dunia. Bukan hanya karena harga yang sangat mahal, tetapi proses produksinya yang tidak umum.

Keunikannya terletak, selain berasal dari biji kopi tapi juga telah dikonsumsi hewan yang bernama luwak. Sebelum dapat diproduksi, biji kopi harus terlebih dahulu melewati sistem pencernaan luwak.

Dari sana, produksi dapat dimulai. Harga kopi  ini sangat mahal, mencapai US$ 160 per pon, dan menjadi yang paling ekstrim di seluruh dunia.

Di Amerika Serikat, Anda akan menemukan sebuah kedai kopi yang menjual kopi luwak. Coba saja cicipi, dijamin Anda mungkin tidak akan menemukan jenis lain dari kopi mahal selain Kopi Luwak.


2. Kopi
Hacienda La Esmeralda dari Boquete, Panama



Hacienda La Esmeralda merupakan kopi yang ditanam khusus di Boquete, Panama. Penikmat kopi di dunia menyukai  kopi jenis ini karena rasanya yang unik.

Kopi ini
sebagian besar dibudidayakan di bawah pohon jambu tua. Jika Anda ingin dapat mencoba La Esmeralda kopi Hacienda, bersiaplah untuk membayar minimal US$ 104 per pon.


3.
Kopi Pulau St Helena dari St Helena




Pulau St Helena terletak sekitar 1.200 kilometer dari pantai Afrika. Di wilayah ini Anda akan menemukan budidaya kopi St Helena.

Popularitas kopi ini terangkat berkat Napoleon Bonaparte, yang mengenalkan dan menaburkan sendiri benih kopi ini di Pulau St Helena.  Jika Anda mampu merogoh kocek US$ 79 per pon untuk secangkir kopi ini maka nikmatilah.


4. Kopi
El Injerto dari Huehuetenango, Guatemala



El Injerto adalah jenis kopi yang berasal dari Huehuetenango, wilayah Guatemala. Pada tahun 2006, kopi ini berhasil menyabet Piala Excellence of Grand Prize.

Kopi El Injerto, meskipun hanya masuk daftar keempat sebagai kopi termahal di dunia, namun Anda tetap harus mengeluarkan uang harga yang besar untuk mencicipi rasanya, yakni sebesar US$ 50 per pon.


5. Kopi
Fazenda Santa Ines dari Minas Gerais, Brasil



Untuk harga sekitar $ 50 per pon, kopi Fazenda Santa Ines masuk sebagai salah satu produk kopi termahal di seluruh dunia.

Kopi ini diproduksi dari Brasil, khususnya daerah bernama Minas Geraiz, di mana tanaman ini tumbuh, dibesarkan, dan dibudidayakan.

Pertanian yang memproduksi kopi Fazenda Santa Ines cukup mengesankan, karena kopi ini masih tumbuh dengan cara tradisional.

Tidak ada proses otomatis apapun yang terlibat. Ketika diminta untuk menggambarkan bagaimana rasanya, orang secara otomatis akan mengatakan kopi ini terasa seperti manisnya buah dan karamel
.

6. Kopi Blue Mountain dari Wallenford Estate, Jamaika




Kopi The Blue Mountain, sesuai namanya tumbuh di pegunungan Blue Jamaika. Kopi ini dikenal karena tingkat kepahitan yang rendah dan ringan rasanya.

Selama dekade terakhir, kopi mampu mengembangkan reputasinya sebagai salah satu komoditas yang paling dicari, meskipun sangat mahal di dunia.

Lebih dari 80% kopi ini diekspor ke Jepang. Jika Anda mau mengeluarkan US$ 49 per pon, Anda bisa menikmati secangkir kopi Blue Mountain.


7. Kopi
Los Planes dari Citala, El Salvador




Los Planes adalah jenis kopi yang ditanam di Citala, El Salvador. Pada Piala Excellence of Grand Prize pada 2006, ia menerima posisi kedua, dengan tempat pertama dipegang kopi El Injerto.

Harga
US$ 40 per pon untuk kopi memang cukup mahal, tapi pasti ada sesuatu yang dapat mengubah persepsi Anda tentang kopi ini.


8. Kopi Hawaii Kona dari Hawaii




Kopi The Hawaiin Kona adalah nama untuk kopi komersial yang dibudidayakan dan tumbuh di Mauna Loa dan lereng Hualalai itu. Wilayah ini terletak di Selatan dan Utara Kona Pulau Hawaii.

Hanya kopi yang  berasal dari kabupaten ini dapat disebut sebagai 'Kona'. Kopi Hawaii Kona dikenal dengan rasanya yang nyaman, yang dapat Anda nikmati seharga US$ 34 per pon.


9. Kopi
Starbucks Rwanda Blue Bourbon dari Gatare/Karengera, Rwanda




Starbucks Rwanda Blue Bourbon pada dasarnya adalah jenis biji kopi yang dapat ditemukan di Gatare dan Karengara, Rwanda.

Starbucks memperkenalkan kopi ini ke negara lain ketika perusahaan mengunjungi stasiun pencucian kopi Rwanda  pada tahun 2004.

Saat ini, Blue Bourbon menjadi tanaman kopi utama petani di Rwanda. Harga kopi ini mencapai US$ 24 per pon.


10.
Kopi Yauco Selecto AA dari Puerto Rico




Dibudidayakan di Puerto Rico Yauco Area, kopi Yauco Selecto AA adalah kopi yang dijual seharga US$ 24 per pon. Rasa ringan dan kelezatan kopi ini bisa dinikmati pecinta kopi dari seluruh dunia, terutama mereka yang memiliki uang bisa ketagihan. Popularitas kopi ini telah membengkak warga di Puerto Rico. (Nur)

(Nrm)
Comments
Sign in to post a comment