Sukses

Garap Jalan Tol, Dahlan Ganti Nama Hutama Karya

Menteri BUMN mengaku bakal mengubah nama PT Hutama Karya menjadi perusahaan yang bergerak di jalan tol. Apa alasannya?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan memastikan bakal mengubah nama PT Hutama Karya (Persero) menjadi perusahaan jalan tol. Sebelumnya BUMN tersebut bergerak di bidang jasa konstruksi.

"Hutama Karya akan berubah nama menjadi perusahaan jalan tol. Sekarang baru akan, karena biar tidak dirasani (dipergunjing,red) orang. Kok yang garap tol Trans Sumatera bukan dari perusahaan jalan tol. Ada orang yang bilang begitu," kata dia di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (22/7/2013).  

Seperti diketahui, perseroan saat ini ditugaskan untuk membangun jalan tol Trans Sumatera dari Aceh hingga Lampung sepanjang 2.700 kilometer (km). Penunjukkan tersebut tinggal menunggu keluarnya peraturan Presiden (Perpres).

"Penunjukkan Hutama Karya sendiri harus dari Menteri Pekerjaan Umum (Djoko Kirmanto). Tapi dia masih agak gamang karena Hutama Karya bukan perusahaan jalan tol, akhirnya saya mengalah Hutama Karya diubah jadi perusahaan jalan tol," ucap dia.

Dahlan optimistis, perubahan tersebut bisa terealisasi bulan depan, mengingat proses di Kementerian BUMN tidak terlalu sulit hanya dengan perubahan dari sisi notaris. "Prosesdi Kementerian PU 1-2 minggu, lalu di BUMN cuma persiapan notaris saja. Bulan depan bisa selesai lah," tukasnya.

Apabila Hutama Karya sudah menjadi perusahaan jalan tol, dia mengatakan, perseroan bisa langsung mengakuisisi dua BUMN Karya, salah satunya Istaka Karya.

"Walaupun jadi perusahaan jalan tol, ke depan Hutama Karya masih bisa mengerjakan proyek-proyek besar melalui Istaka Karya dan anak usaha lamanya," pungkas Dahlan. (Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.