Sukses

Kapal Bekas Korea untuk ASDP Khusus Layani Pemudik Motor

Satu kapal bekas dari Korea milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah tiba di Galangan Satu Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengungkapkan, satu kapal bekas dari Korea milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah tiba di Galangan Satu Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Kapal tersebut berukuran lebih besar dari kapal Inggris yang sebelumnya telah didatangkan perseroan.

"Sekarang kapal itu lagi dibersihkan oleh PT Dok & Perkapalan Kodja Bahari. Ukurannya lebih besar dari kapal Inggris yang belum lama ini diresmikan ASDP," terang dia saat ditemui di Jalan Sabang, Jakarta, Senin (22/7/2013).

Dahlan menuturkan, kapal tersebut akan melayani pemudik sepeda motor yang berasal dari pelabuhan Merak, Jawa Barat.

"Menjelang Lebaran, motor kan kayak air bah. Kalau ditangani dengan kapal-kapal kecil, ribuan motor akan tertahan di pelabuhan berjam-jam. Sedangkan dengan kapal besar ini, 1.500 motor bisa masuk sekaligus pengendaranya," jelasnya.

Untuk mengangkut ribuan pemudik, Dahlan mengatakan, perlu proses izin dari Kementerian Perhubungan. Intinya, lanjut dia, pemerintah dan BUMN ingin memperlakukan pemudik sepeda motor secara khusus.

"Kami perkirakan tanggal 5 Agustus menjelang lebaran pemudik sudah mulai ramai karena sudah gajian. Jadi habis gajian biasanya mereka berangkat," tukasnya.

Dahlan menerangkan, ASDP bakal mengoperasikan sekitar 27 kapal untuk mengangkut pemudik ke berbagai daerah. Dari jumlah tersebut, kapal yang dimiliki ASDP sekitar 4-5 kapal besar. (Fik/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.