Sukses

Aturan Pengurangan Nol dalam Rupiah Dibahas Kembali

Menkeu menyatakan akan kembali berkoordinasi dengan BI guna merealisasikan rencana pengurangan nol pada rupiah atau redenominasi.

Menteri Keuangan Chatib Basri memastikan akan berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI) untuk merealisasikan rencana kebijakan pengurangan nol pada rupiah alias redenominasi.

"Saya akan berbicara dulu bersama BI," ujar dia singkat usai rapat koordinasi Asahan di Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (23/7/2013).

Chatib memastikan akan mengecek kembali persiapan Rancangan Undang-undang (RUU) redenominasi yang tengah digodok oleh BI bersama anggota DPR.

"Saya akan cek lagi, sepertinya (pembahasan) akan mulai lagi di tahun ini. Jadi mulai membahas itu (RUU redenominasi) kembali," terangnya.

BI sebelumnya mengakui belum memberikan sosialisasi dalam bentuk apapun terkait penyederhanaan mata uang. Pasalnya untuk melakukan kegiatan sosialisasi, Bank Sentral tersebut membutuhkan kejelasan payung hukum RUU Redenominasi.

Seperti diketahui, DPR telah membentuk panitia kerja (panja) redenominasi dengan harapan supaya RUU tersebut dapat rampung pada 2014. Dalam masa transisi nanti, bakal beredar dua jenis mata uang yang berbeda, supaya masyarakat tidak kaget dengan kebijakan ini. (Fik/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.