Sukses

Avanza, Xenia dan Ertiga Mobil Bekas Paling Dicari Buat Mudik

Tak harus baru, mobil bekas pakai pun banyak diburu masyarakat yang ingin memiliki kendaraan saat mudik.

Pembelian kendaraan menjelang mudik Lebaran telah sejak lama menjadi tren di masyarakat. Tak harus baru, mobil bekas pakai pun banyak diburu masyarakat yang ingin memiliki kendaraan saat bersilaturahmi ke anggota keluarganya selama Lebaran.

Menurut penuturan Senior Marketing Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih, penjualan mobil bekas selalu naik saat menjelang Lebaran.

"Kendaraan yang paling diminati tentu kendaraan keluarga," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (23/7/2013).

Dari berbagai mobil keluarga yang banyak beredar di Indonesia, ada 3 merek yang paling dicari masyarakat. Ketiga merek tersebut, yakni Avanza, Xenia dan Ertiga.

Selain merek ketiga mobil tersebut sudah dipercaya, harganya juga dinilai cukup terjangkau bagi masyarakat. Avanza merupakan keluaran produsen mobil Toyota, Xenia diproduksi Daihatsu dan Ertiga keluaran produsen otomotif Suzuki.

Dia mencontohkan, mobil merek Xenia dan Avanza keluaran tahun 2004 sampai 2006 dibanderol di bawah Rp 100 juta. Sementara untuk tahun 2007 sekitar Rp 135 juta. "Tapi kalau untuk Ertiga barangnya masih susah, mungkin karena masih baru padahal banyak yang cari," lanjut dia.

Kosasih menyebutkan, Sejak awal Juli sampai Selasa (23/7/2013) ini, penjualan mobil bekas di WTC mencapai 2.200 unit. Hingga menjelang perayaan Lebaran, penjualan mobil bekas di WTC diprediksi menembus 2.600 unit, lebih tinggi dari periode yang sama di tahun lalu sebanyak 2.500 unit.

Pekan ini, menurut dia, menjadi masa paling ramai untuk penjualan mobil bekas di tempatnya. Sebab masyarakat masih belum sibuk untuk memenuhi kebutuhan sandang dan pangan menghadapi Lebaran.

Jika pada bulan Juni lalu, pemburu kendaraan mudik kebanyakan dari luar daerah, pekan ini yang datang justru merupakan pengguna akhir, terutama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). (Nur)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini