Sukses

RI Bisa Swasembada Gula Jika Punya 10 Pabrik Baru

Indonesia baru bisa berswasembada gula jika membangun paling tidak 10 pabrik gula dengan kapasitas total kapasitas 90 ribu ton.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan Indonesia baru bisa merealisasikan mimpi berswasembada gula jika membangun paling tidak 10 pabrik gula dengan kapasitas total kapasitas 90 ribu ton.

Sebagai tahap awal, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III, PTPN XI, dan PTPN XII akan membangun pabrik gula terbesar di Indonesia senilai Rp 1,5 triliun. Untuk merealisasikan rencananya tersebut, ketiga PTPN tersebut membentuk perusahaan patungan yaitu PT Industri Gula Glenmore (IGG).

Proyek pertama yang digarap IGG tersebut berada di Banyuwangi, Jawa Timur. Proyek yang dibangun di atas lahan seluas 102,4 hektare (ha) itu akan memproduksi produksi gula putih premium sebanyak 9.000 ton per hari.

"Harus bikin minimal 10 pabrik Glenmore, omong kosong swasembada gula kalau tidak seperti itu," katanya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (23/7/2013).

Pabrik ini akan menjadi pabrik gula terbesar dengan kapasitas 6000 ton tebu per hari (TTH) dan akan ditingkatkan menjadi 8000 TTH.

Mengenai perusahaan mana yang pantas untuk berpartisipasi dalam mewujudkan swasembada gula tersebut, Dahlan menyatakan pihaknya terbuka bagi pihak manapun.

"Swasta boleh, BUMN juga ikut. Setelah Glenmore masih ada lahan di Lampung, Sulwawei, yang jelas tidak Kalimantan,"paparnya. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.