Sukses

Cuma Kuasai 1,7% Cadangan Dunia, Gas RI Habis 44 Tahun Lagi

SKK Migas memperkirakan cadangan gas yang dimiliki Indonesia sebesar 112 triliun kaki kubik (tcf) bakal habis 44 tahun lagi.

Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memperkirakan cadangan gas yang dimiliki Indonesia sebesar 112 triliun kaki kubik (tcf) bakal habis 44 tahun lagi. Saat ini Indonesia hanya memiliki 1,7% dari total cadangan gas bumi dunia.

"Gas cukup positif cadangan terus meningkat 112 tcf,  berumur 44 tahun ada kesempatan mencari pengganti," kata Kepala SKK Migas Rudi Rubiandini, di Jakarta, Rabu (24/7/2013).

Namun selain gas, lanjut dia, yang cukup kritis saat ini adalah cadangan minyak Indonesia yang hanya tersedia 12 tahun. Untuk itu, Rudi mengaku pihaknya telah mengintruksikan seluruh kontraktor migas untuk menggencarkan kegiatan eksplorasi guna meningkatkan cadangan minyak dan gas.

"Kita minta cari cadangan gas baru. Untuk itu makanya harus dieksplorasi secara masif. Untuk menambah cadangan-cadangan baru itu," ungkapnya. (Pew/Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini