Sukses

PLN Mengeluh Masih Kekurangan Pasokan Gas

PLN selama ini mengaku memperoleh pasokan gas sebanyak 390 TBU. Berapa sebetulnya kebutuhan PLN?

PT PLN (Persero) mengaku masih kekurangan gas untuk memenuhi kebutuhan pembangkitnya. Saat ini gas untuk PLN tercatat mencapai 390 Tera British Unit (TBU) per tahun.

Direktur Utama PT PLN Nur Pamudji mengatakan dengan pasokan gas yang ada saat ini, beberapa pembangkit listrik justru belum mendapatkan jatah gas dan salah satunya berada di Medan, Sumatera Utara.

"Pasokan gas ke PLN itu tahun ini 390-an dalam satu tahun, gas yang tersedia segitu, kalau dibutuhkan cotohnya pembangkit gas di Medan sampai saat ini nggak dapat gas," kata Nur, di Kantornya, Jakarta, Rabu (24/7/2013).

Nur mengaku sebenarnya perusahaan membutuhkan gas sebanyak 500 TBU dalam setahun. Jika kebutuhan gas tersebut terpenuhi, pembangkit listrik tenaga gas milik perusahaan yang ada di seluruh Indonesia dapat beroperasi.

"Kami maunya 500 TBTU setahun, kalau pakai gas semua, Kaltim, Tambak Lorok gasnya sudah mengalir, di Bali misalnya yang belum dapat gas maka gasnya akan menaik," ungkapnya.

Nur menambahkan, selama ini PLN mendapat gas langsung dari Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) atau Perusahaan minyak dan gas bumi sebagai operator  yang memproduksi gas dilapangan migas Indonesia, seperti PT Pertamina.

"Gas PLN dari KKKS, contoh Medan dari Pertamina sama Samander. Gresik dari West Madura Offshore (WMO)," pungkasnya.(Pew/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.