Sukses

Dahlan Dukung Garuda Beli CN 295 Ketimbang Pesawat Buatan Prancis

Menteri BUMN Dahlan Iskan bersyukur atas sikap manajemen Garuda Indonesia yang menunda pembelian pesawat buatan Prancis, ATR 72-600.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan bersyukur atas sikap manajemen PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) yang menunda pembelian pesawat buatan Prancis, ATR 72-600. Dia justru mendorong maskapai pelat merah ini untuk mendatangkan pesawat CN 295.

CN 295 merupakan hasil produksi dari produsen pesawat dalam negeri milik pemerintah, yakni PT Dirgantara Indonesia.

"Saya bersyukur karena pembelian ATR tidak jadi terlaksana, dan siapa tahu mereka mau membeli CN 295 yang mendatangkan banyak manfaat untuk dalam negeri. Bisa menghemat devisa," ungkap dia saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Menurut Dahlan, Garuda Indonesia telah menganggarkan belanja modal senilai Rp 1,2 triliun untuk membeli ATR. Dengan penundaan tersebut, dia mengaku belum mengetahui kepastian penggunaan belanja modal itu.
 
"Saya serahkan urusan itu ke manajemen, apakah mau digunakan tahun depan atau kapan saja. Tapi saya mendorong pemesanan CN 295," papar dia.

Menurut Direktur Keuangan Garuda Indonesia, Hendrito Hardjono mengatakan, skema sewa pembiayaan ATR dirubah menjadi sewa operasi. "Belanja modal dihilangkan karena skema keuangan dirubah dari finance menjadi operating leasing," ujarnya.

Dengan begitu, dia bilang, pesawat (ATR) tetap akan didatangkan ke Indonesia. "Untuk jumlah pembayaran masih difinalisasikan," tukas dia.(Fik/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.