Sukses

3 Tips Mudah Hadapi Kritikan di Kantor

Kesalahan dinilai merupakan hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan, khususnya saat bekerja.

Anda tentu sudah biasa mendengar ungkapan 'nobody is perfect' (tak ada manusia yang sempurna). Kesalahan dinilai merupakan hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan, khususnya saat bekerja. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah memahami kesalahan yang dilakukan dan memperbaiki hal tersebut.

Seperti melansir magforwomen.com, Jumat (26/7/2013), tak semua orang mau menerima kritik. Meski demikian tak sedikit orang yang berkali-kali gagal saat bekerja, menerima berbagai kritikan, dan akhirnya bangkit lalu sukses.

Kebanyakan orang sukses selalu menerima kritikan di kantor dengan lapang dada dan belajar darinya. Orang-orang ini mampu berkembang lebih dewasa dalam bekerja.

Bagi Anda yang masih kesulitan menerima kritikan, berikut 3  cara mudah untuk menghadapi kritikan di kantor:

1. Simak dan renungkan

Seringkali penting untuk mendengarkan apa yang ingin diucapkan seseorang tentang Anda. Sebagian besar orang kadang enggan menerima kritik bahkan memandangnya sebagai hal yang negatif.

Kritik mengenai pekerjaan ternyata menyediakan peluang bagi Anda untuk belajar. Saat orang lain melontarkan pendapat, sebaiknya Anda jangan langsung mengomentari atau mendebat hal itu.

Renungkan kritikan tersebut, dan ambil hal-hal positif di dalamnya. Alasan seseorang mengkritik juga perlu dipikirkan. Jika Anda selalu menanggapi kritik tersebut secara pribadi maka hal tersebut akan berdampak negatif bagi diri sendiri.

2. Tanggapi dan bahas bersama

Menyimak seseorang yang tengah mengkritik cara kerja bukan berarti Anda hanya diam. Setelah orang tersebut menyampaikan kritikan, silahkan tanggapi kritikan tersebut dengan tenang.

Tanggapan yang sehat dan tenang membuat Anda lebih dihargai orang lain. Bahas alasannya dan carilah metode-metode lain yang bisa membuat pekerjaan jadi lebih baik.

Kadang, tak semua kritik yang disampaikan benar adanya. Jika Anda yakin berada di posisi yang benar, sampaikan keberatan dengan sopan.

Pembahasan yang sehat bisa meningkatkan kinerja. Menanggapi kritikan kerja dengan senyum selalu berdampak baik pada kelanjutan pekerjaan di kantor.

3. Terapkan kritikan tersebut jika benar

Jika Anda merasa telah melakukan pekerjaan dengan baik, maka pertahankan. Namun bukan berarti tak mendengarkan kritik yang ditujukan pada Anda. Pandanglah kritikan tersebut sebagai hal yang positif dan dapat membantu meningkatkan kinerja.

Kritikan dalam situasi kerja dapat membantu mengarahkan pada perubahan yang lebih positif. Kinerja Anda pun bisa meningkat jika dapat memilih kritik mana yang membangun dan mengabaikan komentar-komentar pribadi. (Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini