Sukses

Kemenhub Genjot Akses Bandara Kuala Namu Buat Lebaran

Permasalahan yang paling vital di Bandara Kuala Namu terkait akses kendaraan yang belum memadai

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Herry Bakti S Gumay meyakini, Bandara Internasional Kuala Namu di Sumatera Utara mampu menampung peningkatan penumpang saat pelaksanaan Lebaran 2013.

"Memang Bandara Kuala Namu masih baru. Kalau baru itu normal setiap beroperasi pasti ada masalah, tapi secara bertahap bisa terselesaikan. Tapi, saya yakin walaupun ada peningkatan penumpang di Lebaran tahun ini, Bandara Kuala Namu bisa menumpang arus peningkatan penumpang tersebut," ujar Herry di Jakarta, Senin (29/7/2013).

Herry menuturkan, permasalahan yang paling vital di Bandara Kuala Namu terkait akses kendaraan yang belum memadai. Maka dari itu, pihaknya akan bekerja keras untuk melakukan percepatan akses menuju Bandara Kuala Namu, meskipun belum terselesaikan saat menjelang Lebaran.

Selain itu, dia mengaku terus memonitoring pergerakan arus pesawat yang berlalu lalang di Bandara terbesar kedua di Indonesia tersebut. Langkah pengawasan dinilai bisa memastikan lebih lanjut arus peningkatan penumpang.

Terkait peningkatan penumpang selama Lebaran, pengelola bandara dan maskapai penerbangan telah mengantisipasinya dengan melakukan penambahan penerbangan ekstra. Dengan demikian, arus peningkatan penumpang bisa ditangani dengan baik.

"Peningkatan arus mudik tahun ini kira-kira sampai 10%. Kita akan monitor terus menerus, khususnya Bandara Kuala Namu yang merupakan bandara baru," tegasnya.

Dia menuturkan Bandara Kuala Namu memiliki kapasitas 8 juta penumpang. Jadi dipastikabn mampu menampung peningkatan penumpang pada Lebaran tahun ini. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini