Sukses

Kemenhub Pantau Arus Mudik Laut Lewat CCTV di 25 Pelabuhan

Kemenhub menggelar rapat koordinasi bersama perwakilan dari 52 pelabuhan di Indonesia dan pemangku kepentingan lain.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar rapat koordinasi bersama perwakilan dari 52 pelabuhan di Indonesia dan pemangku kepentingan terkait guna mempersiapkan angkutan laut menghadapi Lebaran 2013.

"Pemangku kepentingan yang terkait TNI AL, PT Pelindo, PT ASDP, PT Pertamina, operator pelayanan dan unit kerja terkait di lingkungan Kemenhub," ujar Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, Bobby R Mamahit di Jakarta, Senin (29/7/2013).

Bobby mengaku pihaknya juga menggelar survei, pemasangan dan integrasi kamera CCTV untuk memantau pelaksanaan angkutan Lebaran 2013 di 25 pelabuhan yang dapat dipantau Posko Pusat Ditjen Perhubungan laut.

Pemasangan CCTV, antara lain di Pelabuhan Dumai, Tanjung Balai Karimun, Palembang, Samarinda, Pontianak, Nunukan dan Bau-Bau.

Serta di Pelabuhan Belawan, Batam, Tanjung Pinang, Tanjung Priok, Tanjung Emas, Tanjung Perak, Banjarmasi, Kumai, Balik Papan, Tarakan, Sampir, Makassar, Pare-Pare, Manado, Bitung, Ternate, Ambon dan Jayapura.

Selain itu, guna menunjang pelaporan harian kondisi pergerakan angkutan Lebaran tahun, pihaknya melakukan pelatihan aplikasi laporan angkutan laut lebaran berbasis web service.

"Kami juga telah menyiapkan perangkat tracking system dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan pemantauan kegiatan Angkutan Lebaran 2013, khususnya untuk angkutan laut PT Pelni Pelayaran Perintis dan beberapa perusahaan lainnya seperti PT DLU dan PT Prima Vista," ungkap dia.

Bobby mengaku sudah mengunjungi Pelabuhan Tanjung Perak dan Tanjung emas sebagai langkah pemantauan langsung dengan harapan angkutan laut saat lebaran tahun ini bisa lebih berjalan baik. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.