Sukses

Jero Tugaskan PLN Pasang Penangkal Petir di Gardu Listrik

Menteri ESDM Jero Wacik meminta PLN memasang penangkal petir pada gardu listrik untuk meminimalisir gangguan kelistrikan saat lebaran.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menginstruksikan PT PLN (Persero) memasang penangkal petir pada gardu listrik untuk meminimalisir gangguan kelistrikan saat lebaran.

Langkah itu diambil karena berdasarkan pengalaman pada lebaran tahun lalu, ada beberapa gardu listrik yang mengalami gangguan karena tersambar petir.

"Saya perintahkan PT PLN mengecek ulang penangkal petir di gardu-gardu. Tahun lalu pengalaman gardu-gardu disambar petir. Ini masih ada waktu untuk pasang penangkal petir di gardu-gardu listrik, karena petir nggak ada janjian kalau kesamber peti mati listriknya," kata Jero di Depo BBM Plumpang, Jakarta, Rabu (31/7/2013).

Jero memperkirakan konsumsi listrik turun 30% dari total  daya 30 ribu megawatt (MW) sehingga ketersediaannya cukup aman. Penurunan tersebut dikarenakan berhentinya aktifitas bisinis dan industri saat libur lebaran.

"Ada yang menarik dalam penjelasan listirk, pada saat libur lebaran ini, kawasan industri berhenti bekerja, sehingga stok listrik di Indonesia pemakaiannya turun," ungkapnya.

Demi  meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, instasinya juga telah membuat posko-posko tanggap darurat di sektor energi, yang salah satunya adalah posko listrik di kantor PLN.

"Saya minta yang jaga posko angkat telponya apapun yang ada diatasi. Kaya dulu listrik kena petir, jadi itu kaya nggak diangat," pungkasnya. (Pew/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini