Sukses

10 Mobil Mewah yang Jadi Favorit Pencuri

Tak hanya Ford F-250 yang kecantikannya menggugah selera para pencuri mobil. Sedikitnya ada 10 jenis mobil mewah yang jadi incaran maling.

Highway Loss Data Institute baru-baru ini melaporkan maraknya pencurian mobil Ford F-250 di kalangan para pencuri mobil. Namun ternyata tak hanya Ford F-250 yang kecantikannya menggugah selera para pencuri mobil. National Insurance Crime Bureau (NICB) mengidentifikasi beberapa mobil yang juga berpotensi mengundang para pencuri.

NICB sendiri merupakan mitra kerjasama perusahaan asuransi dan lembaga penegak hukum untuk mempermudah identifikasi, deteksi dan penuntutan terhadap para penjahat asuransi.

Seperti dilansir dari Business Insider, Kamis (1/8/2013), untuk mengumpulkan data tersebut, NICB  meneliti tingkat pencurian mobil di Amerika Serikat (AS) selama empat tahun dari awal 2009 hingga akhir 2012.

Menurut organisasi tersebut, sekitar 4.384 mobil mewah dilaporkan telah dicuri selama periode itu.

Untuk menambah variasi analisanya, NICB membagi mobil-mobil tersebut ke dalam tiga kategori berbeda yaitu mobil mewah berukuran kompak/kecil, mobil mewah berukuran mid-size, dan mobil mewah ukuran premium.

Dari hasil laporannya, dalam rentang waktu empat tahun tercatat sebanyak 2.150 mobil mewah kompak telah dicuri. Sementara itu lebih dari sekitar 1.734 mobil mid-size juga jatuh ke tangan pencuri. Sisanya sebanyak 500 mobil mewah premium juga dinyatakan hilang.

Meski tak diungkap langsung oleh NICB, namun berdasarkan data yang dirilisnya, dapat disimpulkan bahwa mobil kompak menjadi favorit para pencuri. Hal ini dimungkinkan mengingat harganya yang lebih murah.

Jelasnya, berikut 10 mobi mewahl yang paling banyak dicuri di Amerika Serikat:

1. Mercedes-Benz C-Class (compact) -- 485 kasus pencurian
2. BMW 3-Series (compact) -- 471 kasus pencurian
3. Infiniti G-Series (compact) -- 405 kasus pencurian
4. Mercedes-Benz E-Class (mid-size) -- 381 kasus pencurian
5. Cadillac CTS (mid-size) -- 326 kasus pencurian
6. BMW 5-Series (mid-size) -- 256 kasus pencurian
7. Lincoln MKZ (mid-size) -- 226 kasus pencurian
8. Acura TSX (compact) -- 190 kasus pencurian
9. Lexus IS (compact) -- 177 kasus pencurian
10. Mercedes-Benz S-Class (premium) -- 163 kasus pencurian

NICB juga merilis laporan daftar negara-negara bagian yang paling sering mengalami pencurian. Bagi Anda yang berencana atau tengah tinggal di AS, laporan ini dapat berguna untuk meningkatkan kewaspadaan Anda.

Berikut 10 negara bagian dengan kasus pencurian mobil paling tinggi di AS:

1. California
2. Florida
3. New Jersey
4. New York
5. Michigan
6. Texas
7. Georgia
8. Illinois
9. Pennsylvania
10. Maryland

Penemuan NICB lebih lanjut adalah tingginya tingkat perbaikan mobil hasil curian tersebut. Rata-rata selama melakukan penelitian, sekitar 83,7% kendaraan roda empat yang dicuri diketahui telah ditemukan.

Dalam laporannya terungkap beberapa mobil bernasib lebih parah dari yang lainnya. Mobil Infiniti G-Series menempati jumlah tertinggi sebagai mobil curian yang tak bisa ditemukan lagi yaitu sebanyak 83 dari 405 mobil yang dicuri.

Sementara dua model Mercedes-Benz yang juga paling diminati pencuri sulit untuk diketemukan kembali. Keduanya, E-Class sebanyak 80 dari 381 mobil hilang dan C-Class sebanyak 78 dari 485 yang dicuri.

Uniknya, meski model mobil mewah premiun paling jarang dicuri dibanding dua ukuran lainnya, mobil ini paling sulit ditemukan. Jumlah mobil mewah mid-size dan kompak yang tidak bisa ditemukan masing-masing tercatat sebanyak 13,5% dan 14,3% dari seluruh mobil yang dicuri. Sementara mobil mewah ukuran premium menjadi yang tertinggi dengan jumlah 34,4% mobil yang dicuri tak bisa ditemukan kembali. (Sis/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini