Sukses

Hendar Bakal Dilantik Jadi Deputi Gubernur BI Hari Ini

Hendar bakal dilantik sebagai Deputi Gubernur BI di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat (2/8/2013).

Hendar bakal dilantik sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) pada Jumat (2/8/2013). Pengambilan sumpah pengganti Muliaman D Hadad ini akan dilakukan di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, pada pukul 10.00 WIB.

Hendar sebelumnya telah menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) pada 1 Juli lalu oleh Komisi XI DPR RI. Dia berhasil menyisihkan kedua saingannya yaitu Mulya E Siregar dan Treesna Wilda Suparyono.

Hendar akan mengisi jabatan yang pernah ditinggalkan Muliaman D Hadad yang telah mengundurkan diri dari jajaran dewan gubernur BI setelah terpilih menjadi Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pria kelahiran Bandung 1957 itu meraih gelar Sarjana Ekonomi Universitas Padjajaran. Kemudian mengantongi gelar MA bidang Ekonomi Pembangunan Centre for Development Economics, William College AS, dan mendapatkan gelar doktor bidang ekonomi Universitas Padjajaran.

Hendar memulai karir di BI dari posisi Staf Urusan Kredit Umum BI pada 1983. Ia kemudian dipercaya menjadi Kabiro Kebijakan Moneter pada 2004. Pada 2009, ia menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Moneter. Hendar diangkat menjadi Asisten Gubernur BI pada awal 2013.

Dia  juga pernah bersaing memperebutkan kursi Dewan Gubernur BI pada Maret lalu, namun kalah dari Perry Warjiyo. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.