Sukses

Kemacetan Arus Mudik Tahun Ini Diprediksi Tak Parah

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yakin tidak akan terjadi kemacetan yang parah saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yakin tidak akan terjadi kemacetan yang parah saat arus mudik Lebaran tahun ini.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Suroyo Alimoeso mengklaim hal tersebut terjadi karena pihaknya selalu berkoordinasi dengan kepolisian yang bertugas pada jalur-jalur mudik guna melakukan antisipasi kepadatan yang rutin terjadi saat musim mudik seperti saat ini.

"Kalau kemacetan itu normal, dari konsep di lapangan pihak kepolisan ada macet tidak lebih dari empat jam, misalnya dari Cikopo ke Palimanan," ujar dia, Jumat (2/8/2013).

Dia menuturkan, sebenarnya kemacetan yang terjadi pada mudik Lebaran tahun lalu masih terbilang normal. Dari prediksinya, hal serupa juga akan terjadi tahun ini, sehingga dia berani memastikan kemacetan tidak akan terjadi berjam-jam.

Suroyo menambahkan, jalur-jalur utama yang dilalui pemudik telah memiliki kondisi siap pakai usai selesai diperbaiki.

Kendati begitu, dia menghimbau masyarakat untuk melakukan antisipasi karena kemacetan bukan terjadi karena kondisi jalan yang jelek atau tidak adanya penerangan jalan melainkan kondisi kegiatan ekonomi setempat seperti pasar atau keramaian-keramaian lainnya.

"Pasti adalah nanti kemacetan karena pasar tumpah. Tapi itu tidak berpengaruh signifikan, banyak polisi pasti nanti yang mengatur lalu lalangnya," kata dia.

Selain itu, Suroyo juga menghimbau bagi pemudik terutama pengendara sepeda motor untuk ekstra berhati-hati karena tidak semua permukaan jalan yang akan dilalui pemudik ini dalam kondisi yang baik dan mulus.

"Pasti ada kekurangan tapi secara fungsional infrastruktur jalan bisa dimanfaatkan dan dipakai. Hanya memang masyarakat dihimbau agar lebih hati-hati terutama sepeda motor," tandasnya. (Dny/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini