Sukses

Ayo Daftar! Kemenhub Masih Buka Mudik Gratis Hingga 6 Agustus

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih menyediakan angkutan sepeda motor gratis bagi pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih menyediakan angkutan sepeda motor gratis bagi pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya. Jumlah yang masih tersedia mencapai ribuan unit sepeda motor dengan menggunakan kereta api.

"Saat ini masih tersisa tempat untuk 5.000 sepeda motor yang akan diangkut menggunakan kereta api," ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub  Bambang S Ervan dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (3/8/2013).
 
Bambang menjelaskan, pemerintah menyediakan angkutan sepeda motor dengan kereta api pada periode angkutan lebaran 2013/1434 H ke daerah masing-masing dengan lebih aman dan nyaman serta selamat sampai tujuan. Penyelenggaraan itu dilakukan untuk mengurangi tingkat kemacetan dan kecelakaan sepeda motor.

Untuk lokasi pendaftaran keberangkatan (mudik) dibuka setiap hari di Stasiun Jakarta Gudang mulai tanggal 03 sampai 06 Agustus 2013 mulai pukul 09.00 – 15.00 wib. Sedangkan penyerahan motor dapat diterima satu hari sebelum keberangkatan sampai dengan tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA tersebut.

Untuk arus mudik keberangkatan dari Stasiun Jakarta Gudang dengan 6 kota tujuan yaitu Cirebon Kejaksan, Tegal, Semarang Poncol, Kutoarjo, Lempuyangan (Yogyakarta) dan Solo Jebres.

Pemberangkatan sepeda motor dari Jakarta Gudang untuk tujuan Cirebon – Tegal – Semarang pukul 19.55 wib dan untuk tujuan Kutoarjo – Lempuyangan (Yogyakarta) – Solo Jebres pukul 17.55 wib.

Selain itu, untuk arus balik, lokasi pendaftaran dibuka setiap hari di stasiun Semarang poncol, stasiun Tegal, stasiun Cirebon Kejaksan, stasiun Solo jebres, stasiun Yogya Lempuyangan, dan Stasiun Kutoarjo mulai tanggal 04 sampai 14 Agustus 2013 pukul 09.00 – 15.00 wib.

Untuk penyerahan motor diterima 1 hari sebelum keberangkatan sampai dengan 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA tersebut.

Lanjut Bambang, untuk tujuan balik menuju Jakarta Gudang dengan keberangkatan dari Stasiun awal Semarang Poncol pukul 12.30 wib, berhenti di stasiun Tegal pukul 15.30 wib dan berhenti di Stasiun Cirebon pukul 19.30 wib.

Sedangkan keberangkatan awal dari Stasiun Solo Jebres pukul 11.10 wib, berhenti di Stasiun Lempuyangan (Yogyakarta) pukul 12.10 wib, dan di stasiun Kutoarjo pukul 16.30 wib.

Ditambahkannya, bagi siapa yang ingin mendapatkan fasilitas mudik bareng ini. Inilah persyaratan bagi yang akan mengunakan angkutan sepeda motor dengan kereta api yaitu:
1. Fotocopy Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku;
2. Fotocopy identitas diri (KTP, SIM) yang masih berlaku. (Dis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini