Sukses

10 Kota Terkeren yang Layak Dikunjungi Sepanjang 2013

Menghadapi liburan, bagi Anda yang memiliki tabungan lebih, tak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke beberapa kota di luar negeri.

Menghadapi liburan, bagi Anda yang memiliki tabungan lebih, tak ada salahnya untuk mencoba berkunjung ke beberapa kota di luar negeri. Di sana banyak tempat-tempat indah yang jarang ditemui di dalam negeri.

Seperti dilansir dari Business Insider, Senin (5/8/2013), banyak tempat wisata di kota asing yang cocok bagi para pecinta seni hingga para petualang. Bagi Anda yang sedang terjebak dalam tren K-pop, Seoul bisa menjadi kota tujuan. Hal ini mengingat tarian 'Gangnam Style' yang dipopulerkan Psy pada seluruh publik di dunia.

Sementara Anda yang penasaran dengan petualangan di dunia liar, Tanzania menawarkan berbagai permainan di alam bebas.

Berikut 10 kota yang layak dikunjungi pada tahun ini:

1. London, Inggris

Sejak Kate Middleton melahirkan Pangeran George Alexander Louis pekan lalu, Inggris menjadi pusat perhatian masyarakat. Hal ini diharapkan pemerintah dapat meningkatkan industri pariwisata di sana.

Namun hal tersebut bukan satu-satunya alasan untuk mengunjungi Inggris. Summer Olympics 2012 di London bisa saja berlalu, tapi bangunan, restoran, dan hotel masih siap mengakomodasi ratusan pengunjung ke kota tersebut.

Sebelum olimpiade, beberapa bangunan didirikan termasuk Shard yang sangat kontroversial. Shard adalah bangunan setinggi 1.016 kaki yang di dalamnya terdapat sejumlah kantor, restoran, hotel dan apartemen. Namun bangunan ini bisa jadi yang paling keren di Inggris.

Sementara restoran menjadi marak berdiri di London. Restoran-restoran di kota ini memenangkan beberapa penghargaan. Salah satunya adalah Le Caprice yang dinobatkan sebagai Restaurant of the Year oleh London Lifestyle Awards and Artesian pada 2012.

2. Antartika

Kekeringan dan panas terik matahari yang menyengat belakangan banyak menyerang warga dunia. Hal ini disebabkan oleh pemanasan global (global warming). Di Antartika sendiri, batuan es mencair pada suhu tertentu.

Hal tersebut berarti saat ini adalah waktu yang paling tepat untuk pergi ke Antartika, benua paling dingin dan kering di bumi.

Di sana para pengunjungnya bisa menikmati pemandangan yang luar biasa indah. Tempat ini menyuguhkan perjalanan yang ideal bagi para petualang. Terlebih mereka yang bisa menggunakan kayak atau bagi yang hanya sekadar menikmati pemandangan. Anda juga bisa melihat penguin dan gajah laut.

Industri pariwisata di Antartika semakin populer dengan sekitar 35 ribu pengunjung tercatat mengunjunginya musim ini.


3. Brooklyn, Amerika Serikat (AS)

Brooklyn sebenarnya bukan tempat baru. Namun tempat ini menjadi semakin keren pada 2013 karena terdapat lebih banyak hotel, restoran, dan tempat belanja makanan bagi para pengunjung lokal dan asing.

Hanya dalam satu setengah tahun saja, lima hotel dibuka di Brooklyn. Sementara 10 hotel lainnya tengah dikembangkan dan diperkirakan mulai beroperasi tahun ini.

4. Meksiko

Meski banyak berita tentang narkoba dari kota ini, tapi Meksiko terlihat mengalami perkembangan jumlah turis belakangan ini. Pada 2012, tercatat sebanyak 23 juta turis internasional yang mengunjungi kota tersebut. Sementara lewat perjalanan udara, terdapat lonjakan turis sebesar 5% pada kuartal I 2013.

Beberapa hotel berkelas baru saja di buka di Meksiko City, kota tujuan kedua yang paling banyak dikunjungi di Meksiko setelah Cancun.

Meski dilengkapi dengan berbagai restoran dan hotel berkelas, masih banyak hal gratis yang bisa diperoleh di kota ini. Mulai dari jalan-jalan di sekitar Zocalo hingga berjemur di Chapultepec Park.

5. Marseille, Prancis

Marseille telah bertransformasi sebagai pusat budaya yang mengelola berbagai acara dan pameran sepanjang tahun. Kota ini juga membangun berbagai galeri dan tempat acara.

Beberapa hotel modern juga baru dibuka tahun ini untuk menarik para pecinta seni.

6. Istanbul, Turki

Berlokasi di titik perbatasan Eropa dan Asia, Istanbul secara tradisional dikenal dengan mesjidnya yang luar biasa. Tak hanya itu, beberapa monumen kuno, dan istana mewah.

Kota ini dianggap sebagai yang paling keren di Eropa. Sementara itu, hingga saat ini banyak bangunan yang direnovasi dan diubah menjadi hotel, butik, toko-toko bahkan restoran. Masyarakatnya juga telah mengalami proses modernisasi sendiri.

Kota ini juga menjadi salah satu pusat keuangan terbaik di dunia. Terlebih kota ini digunakan di beberapa film, diantaranya, 'Skyfall' dan 'Argo'.

Selain itu, masih banyak bangunan yang tengah didirikan. Istanbul sendiri akan berganti wajah dalam waktu yang tak lama lagi.

7. Philadelphia, AS

Gaya hidup yang terjangkau dan biaya hidup yang murah banyak menarik para pecinta seni ke Philadelpia.

City of Brotherly Love ini memiliki beberapa karya seni terbaik dunia. Lukisan dindingnya sangat terkenal yang menghiasi berbagai bangunan di kota tersebut. The City of Philadelphia Mural Arts Program yang mengkoorinasi berbagai lukisan ini membuat lahirnya komunitas seniman di sana.

Sementara itu, Barnes Foundation meresmikan fasilitas seni terbaru dari Philadelpia pada Mei lalu. Fasilitas tersebut merupakan bangunan selebar 93 ribu kaki persegi di atas tanah seluas 4,5 acre. Didalamnya terdapat banyak sekali koeleksi karya seni.

8. Seoul, Korea Selatan

Psy, bintang K-Pop ini berhasil mencuri perhatian publik di seluruh dunia dengan tarian khasnya 'Gangnam Style'. Tak hanya itu, keberhasilan tarian tersebut juga mengenalkan tempat di dekat Seoul, Gangnam-Gu. Dari sanalah Psy terinspirasi menciptakan tariannya.

Korea Selatan sendiri mencatat peningkatan turis sebesar 9% sejak 'Gangnam Style' melejit di pasaran. Lebih dari 11 juta turis datang ke Seoul pada 2012 dan terlihat menguat tahun ini.

Para pengusaha dan operataor wisata memanfaatkan tren K-pop ini dengan menawarkan tour ke Gangnam dan Seoul.

9. Shanghai, China

Shanghai terkenal juga sebagai kota tujuan para pecinta seni. Pada November lalu, pemerintah China membangun dua museum seni besar di Shanghai.

Kota tersebut menjadi tempat beberapa institusi budaya penting. Meski begitu, dua museum seni tadi merupakan pusat kebudayaan yang penting.

Kota ini akan menarik banyak pecinta seni mengingat pemerintah setempatnya akan membuka lebih banyak galeri dan museum pada 2013. Hingga 2015 nanti,sebanyak 16 museum akan dibuka.

Kota dengan penduduk terbanyak di China ini juga menjadi pusat sejumlah hotel, restoran dan toko terkenal bati para petualang.

10. Tanzania

Para pecinta petulangan yang mencari pengalaman di alam bebas harus mengunjungji Tanzania. Terdapat banyak 'camp' safari dan permainan alam yang menyenangkan di sana.

Terdapat juga dua tujuan wisatawan yang terkenal seperti Serengeti National Park dan Ngorongoro Crater. Tapi untuk turis yang menginginkan pengalaman lebih ekstrim dengan kehidupan yang lebih liar harus mengunjungi dua tempat lain yaitu Ruaha dan Selous.

Meski jarang dikunjungi, tapi kedua tempat ini mewarkan taman-taman yang tak kalah cantiknya. Perjalanan ke sana lebih terjal dan Anda bisa merasakan kehidupan tanpa pengaruh teknologi modern. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.