Sukses

7 Kota Tertua Dunia yang Masih Layak Jadi Tempat Berlibur

Kota-kota tua merupakan tanda warisan budaya leluhur yang ditinggalkan selama ribuan tahun. Berikut 7 kota paling tua di dunia.

Bagi Anda yang suka berwisata, mengunjungi tempat unik biasanya menjadi prioritas utama. Seringkali berlibur ke situs-situs sejarah yang kaya akan budaya memberikan kesenangan tersendiri bagi para pengunjungnya.

Jika Anda berminat, berbagai kota tua dengan pemandangannya yang indah siap untuk dikunjungi. Kota-kota tua merupakan tanda warisan budaya leluhur yang ditinggalkan selama ribuan tahun lamanya atau bisa jadi lebih. Selain itu, kota kuno menunjukkan tradisi dan pengaruhnya terhadap perubahan peradaban manusia.

Kota-kota kuno terkenal menyimpan arsitektur indah dan berbagai cerita menakjubkan. Keyakinan dan kecantikan kotanya tak pernah habis ditelan usia. Jika Anda penasaran ingin menikmatinya juga, berikut 7 kota paling tua yang masih layak dikunjungi, seperti melansir magforwomen.com, Selasa (6/8/2013):

1. Damaskus, Suriah

Kota di Suriah ini diyakini sebagai salah satu kota tertua di dunia. Damaskus disebut sebagai pusat budaya Arab. Kota ini terus dihuni dan memberikan link atau koneksi ke setiap peradaban yang pernah ada dan berkembang di sana. Penduduk pertama di kota ini tinggal sekitar 11 ribu tahun lalu.

2. Athena, Yunani

Kota ini telah dihuni selama 7 ribu tahun dan dapat disebut sebagai awal peradaban Barat. Sejarah kota ini dimulai sebelum zaman Socrates, Aristotle dan Plato.

Saat ini, Athena dikenal sebagai kota metropolis yang terkenal luas. Sementara patung Aristotle masih berdiri menghadap bentangan pemandangan di sana.

3. Plovdiv, Bulgaria

Sebagai kota terbesar kedua di Bulgaria, Plovdiv juga di kenal sebagai Philippopolis bagi penduduk Yunani dan merupakan kota besar untuk Roma. Usianya sudah 6 ribu tahun dan masih menjadi pusat budaya, edukasi, dan ekonomi yang penting di Bulgaria.

4. Rayy, Iran

Ravy menjadi pemukiman manusia selama 5 ribu hingga 6 ribu tahun. Kota ini terletak di wilayah Metropolitan Teheran dan dikenal lewat bukit Cheshmeh Ali yang berusia 5 ribu tahun serta kastil Gebri yang berusia 3 ribu tahun.

5. Yerusalem, Israel

Kota kuno ini mulai berdiri sejak 4 ribu - 5 ribu tahun lalu. Jika berkunjung ke sana Anda bisa merasakan getaran dan spirit kota ini.

Hal tersebut karena Yerusalem merupakan pusat banyak agama di dunia. Tempat ini memiliki banyak kekayaan spiritual baik dari tempat maupun situs tertentu.

6. Luoyang, China

Kota tertua di Asia ini sedang dipertimbangkan untuk menjadi tempat hunian. Salah satu kota terbesar di China ini terletak di wilayah dataran tengah.

Kota ini juga disebut sebagai pusat geografis China kuno mengingat lokasinya berada di antara sunga Luo dan Yi.

7. Varanasi, India

Sebagai kota suci umat Hindu, Varanasi merupakan yang tertua di India. Kota ini telah dihuni hampir 3 ribu tahun hingga saat ini. Tempat ini merupakan situs ziarah warga India yang terletak di tepi sungai Gangga. (Sis/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini