Sukses

10 Kakek-kakek Terkaya di Dunia

Bukan hanya cinta yang tak memandang usia, tapi juga harta kekayaan dan uang. Tak heran banyak orang tua yang jadi orang terkaya dunia.

Bukan hanya cinta yang tak memandang usia, tapi juga harta kekayaan dan uang. Meski sudah lanjut usia, beberapa pengusaha di dunia masih aktif berbisnis dan mengelola perusahaannya. Tak heran banyak orang tua yang bahkan hampir berusia 100 tahun tapi masih bisa menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Seperti dilansir dari The Richest, Selasa (6/8/2013), pengusaha ini tetap berbisnis meski usianya sudah di atas 90 tahun. Salah satu diantaranya adalah pria terkaya di Jerman yang berusia 93 tahun, Karl Albrecht.

Berikut 10 orang terkaya di dunia versi Forbes yang usianya di atas 90 tahun dan salah satunya adalah wanita:

1. Karl Albrecht

Usia: 93 tahun
Pendapatan bersih: US$ 26 miliar
Peringkat miliarder terkaya dunia versi Forbes: 18
Peringkat miliarder terkaya di Jerman versi Forbes: 1

Karl Hans Albrect merupakan pengusaha asal Jerman yang mendirikan Aldi, singkatan dari Albrecht Discount, bersama mendiang saudaranya, Theo. Aldi mengoperasika lebih dari 8 ribu toko di 3 benua yaitu Amerika, Eropa dan Australia. Berbeda dengan miliarder lainnya, dia tak suka dirinya dipublikasikan. Di Jerman dirinya merupakan miliarder terkaya sementara di dunia dia menempati posisi ke-18.




2. Anne Cox Chambers

Usia: 93 tahun
Pendapatan bersih: US$ 12 miliar
Peringkat miliarder terkaya dunia versi Forbes: 80
Peringkat miliarder terkaya di Amerika Serikat (AS) versi Forbes: 30

Wanita berusia 93 tahun ini merupakan putri dari James M. Cox yang mendirikan Cox Enterprises pada 1898 di Dayton, Ohio. Saat ini Cox Enterprises dimiliki dan dikendalikan sendiri oleh Anne Cox Chambers. Perusahaannya tersebut memiliki Cox Media Group yang mengoperasikan stasiun tv dan radio. Dia dikenal sebagai orang terkaya ke-30 di AS.




3. Sulaiman Al Rajhi

Usia: 93 tahun
Pendapatan bersih: US$ 6 miliar
Peringkat miliarder terkaya dunia versi Forbes: 198
Peringkat miliarder terkaya di Arab Saudi versi Forbes: 4

Al Rajhi Family adalah pemegang sebagian besar saham di Al Rajhi Bank, salah satu perusahaan terbesar di Arab Saudi. Bank tersebut juga merupakan bank syariah terbesar di dunia. Mereka dikenal sebagai warga Arab terkaya yang tidak berasal dari kerajaan. Sebagian dari hartanya selalu disumbangkan.





4. S. Truett Cathy

Usia: 91 tahun
Pendapatan bersih: US$ 4,2 miliar
Peringkat miliarder terkaya dunia versi Forbes: 308
Peringkat miliarder terkaya di AS versi Forbes: 98

Pengusaha dan pendiri Chick-fill-A ini merupakan salah satu miliarder tertua dan terkaya di dunia. Kekayaannya membuat dirinya loncat lebih dari 600 peringkat ke posisi 308 pada 2013 dibanding tahun sebelumnya.

Perusahannya telah memiliki 1.700 cabang di 38 negara bagian AS. Dia tetap meraup banyak keuntungan meski pada Minggu restorannya ditutup.





5. Aloysio de Andrade Faria

Usia: 92 tahun
Pendapatan bersih: US$ 3,8 miliar
Peringkat miliarder terkaya dunia versi Forbes:  353
Peringkat miliarder terkaya di Brazil versi Forbes: 15

Orang ke-15 terkaya di Brazil ini merupakan seorang bankir yang sekaligus menjabat sebagai dokter. Dia sendiri merupakan anak dari Clemente de Faria, pendiri Banco da Lavora. Setelah sang ayah meninggal dia mengambil alih perusahaan dan menjualnya seharga US$ 2,1 miliar ke bank Belanda, ABN Amro pada 1998.

Dia lalu mendirikan Alfa Group. Konglomerat ini memiliki beberapa perusahaan termasuk Alfa Bank, C&C Home and Construction, Transamerica, La Basqeu, dan Agropalma.




6. Karl Wlaschek

Usia: 95 tahun
Pendapatan bersih: US$ 4,8 miliar
Peringkat miliarder terkaya dunia versi Forbes:  262
Peringkat miliarder terkaya di Austria versi Forbes: 3

Pendiri supermarket BILLA ini menjual perusahaannya tersebut senilai 1,1 miliar euro pada 1996. Dia lalu aktif berinvestasi di bidang real estate dan memiliki beberapa real estate terbesar di Austria. Sebagai pria terkaya ke tiga di negaranya, dia memiliki pendaptan sebesar US$ 4,8 miliar.


7. Kirk Kerkorian

Usia: 95 tahun
Pendapatan bersih: US$ 3,3 miliar
Peringkat miliarder terkaya dunia versi Forbes:  412
Peringkat miliarder terkaya di AS versi Forbes: 135

Pria tua yang dikenal dengan sebutan 'father of the mega resort' ini merupakan salah satu tokoh penting yang ikut membangun Las Vegas. Di usianya yang ke-95, dia masih tercatat sebagai salah satu orang terkaya di dunia.



8. Wang Yung-tsai

Usia: 92 tahun
Pendapatan bersih: US$ 3 miliar
Peringkat miliarder terkaya dunia versi Forbes: 458
Peringkat miliarder terkaya di Taiwan versi Forbes: 9

Miliarder asal Taiwan ini mendirikan Formosa Plastics Group pada 1958. FPG bergerak di berbagai bidang termasuk bioteknologi dan komponen produksi elektronik. Pria ini tercatat sebagai orang ke-9 paling kaya di Taiwan.



9. David Rockefeller, Sr

Usia: 97
Pendapatan bersih: US$ 2,7 miliar
Peringkat miliarder terkaya dunia versi Forbes: 527
Peringkat miliarder terkaya di AS versi Forbes: 181

Masih dari deretan pria terkaya dan tertua di dunia, David Rockefeller, Sr. merupakan pengusaha dan dermawan di AS. Dia satu-satunya cucu dari pendiri Standard Oil John D. Rockefeller, yang masih bertahan.




10. Henry Hillman

Usia: 94 tahun
Pendapatan bersih: US$ 2,3 miliar
Peringkat miliarder terkaya dunia versi Forbes:  641
Peringkat miliarder terkaya di AS versi Forbes: 221

Salah satu pria terkaya dunia ini berusia 94 tahun masih aktif menjalankan bisnisnya di bidang logam dan energi seperti gas, baja, dan tembaga.

Dia mewarisi perusahaan Pittsburgh Coke & Chemical yang ditinggalkan mendiang ayahnya. Dirinya saat ini dikenal sebagai dermawan yang belakangan ini baru saja menyumbangkan hartanya senilai US$ 20 juta untuk penelitian kanker. Tak hanya itu, dia juga mendonasikan US$ 10 juta untuk rumah sakit anak di Pittsburgh, AS.




(Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini