Ini Dia 3 Minuman yang Paling Laku Dijual di Indonesia

  • Ekonomi
  • 0
  • 10 Agu 2013 12:06
Pertumbuhan industri minuman ringan nasional pada tahun 2013 ini akan sama pada tahun-tahun sebelumnya yang mencapai 8% hingga 9% per tahun. Setidaknya 3 jenis minuman ini yang jualannya paling laku di Indonesia.

"Secara keseluruhan ekpektasi di 2013, kalau melihat 3 tahun terakhir, pertumbuhan industri minuman antara 8%-9% per tahun, jadi kami berharap tahun ini juga seperti itu. (Angka) Ini pada setiap kategori minuman berbeda-beda, tetapi rata-rata untuk minuman ringan pada angka tersebut," ujar Ketua Umum Asosiasi Industri Minuman Ringan (ASRIM), Triyono Prijosoesilo  saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis pada Sabtu (10/8/2013).

Minuman apa saja yang paling laku?

Pertumbuhan yang paling tinggi ada pada tiga minuman ini yaitu:

1. Jenis air mineral dalam kemasan
2. Minuman jus
3. Minuman isotonik

Ketiga minuman itu persentase pertumbuhannya mencapai mencapai 2 digit. Sedang jenis minuman lain persentase kenaikannya masih pada kisaran 1 digit yaitu antara 1%-8%.

Lakunya ketiga minuman ini juga tidak terlepas dari gaya hidup masyarakat Indonesia yang makin mobile. Masyarakat saat ini cenderung lebih 'mobile' sehingga membutuhkan kepraktisan dalam berbagai hal termasuk dalam hal konsumsi minuman. "Kami yakin prospek minuman ringan ini akan bagus," katanya.

Ketiga minuman ini juga sering dibeli karena alasan kesehatan. "Hal ini disebabkan karena terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat yang kini cenderung memilih minuman yang bukan hanya dapat melepas rasa haus tetapi yang mereka anggap juga menyehatkan," jelasnya.

Triyono juga mengungkapkan bahwa pada 2012 lalu, total penjualan minuman ringan ini telah hampir mendekati 30 miliar liter, dimana Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) menguasai sekitar  50-60% dari total minuman ringan tersebut. (Dny/Igw)

(Irna Gustiawati)


Related Articles
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler