Sukses

Harga Minyak Naik Mengekor Pulihnya Ekonomi China

Harga minyak mentah dunia tercatat naik tipis pada perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) mengekor pulihnya perekonomian China.

Harga minyak mentah dunia tercatat naik tipis pada perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) mengekor pulihnya perekonomian China.

Seperti dilansir dari Washington Post, Selasa (13/8/2013), harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September naik US$ 14 sen menjadi level US$ 106,11 per barel di lantai bursa New York Mercantile Exchange.

Sementara harga minyak mentah jenis Brent yang diperdagangkan di bursa ICE Futures, London, naik US$ 87 sen menjadi US$ 107,74 per barel.

Para analisa menilai adanya perubahan pada data ekonomi China yang kembali menggeliat pulih sejak pekan lalu. Harga minyak juga tercatat naik sebesar US$ 2,57 atau sekitar US$ 2,5% pada akhir pekan lalu akibat data produksi industri China yang menguat.

Sementara harga rata-rata bensin di Amerika Serikat turun menjadi US$ 3,55 per galon, atau berada pada titik terendah sejak 11 Juli tahun ini. Harga tersebut sekitar US$ 14 sen lebih rendah dibanding periode yang sama tahun lalu.

Harga gas alam berjangka juga naik sebesar US$ 8 sen menjadi US$ 3,31 per seribu kaki kubik. Peningkatan ini merupakan yang terbesar dalam sehari sejak pertengahan Juli. (Sis/Ndw)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini